GP Brasil, Dua Tim Dukungan Honda Raih Podium

19 November 2019 12:17 WIB Yudi Supriyanto Olahraga Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Dua tim yang didukung oleh Honda, yakni tim Aston Martin Red Bull Racing melalui pebalap Max Verstappen dan tim Red Bull Toro Rosso Honda dengan pebalap Pierre Gasly berhasil meraih kemenangan pertama dan kedua sekaligus di ajang balap F1 Grand Prix Brazil 2019.
 
Toyoharu Tanabe, Technical Director Honda Racing F1, mengatakan kemenangan ini merupakan kemenangan pertama bagi Honda di Brazil sejak kemenangan bersejarah yang dicatat oleh Aryton Senna pada 1991.
 
Menurutnya, performa yang agresif dan cerdas dari Max Verstappen dan strategi yang berhasil dieksekusi oleh tim merupakan pendorong raihan prestasi di ajang F1 Grand Prix Brasil 2019 tersebut.
 
“Kemenangan ketiga di musim ini merupakan hasil yang baik bagi Honda dan Aston Martin Red Bull Racing. Selamat juga bagi Pierre Gasly yang telah meraih podium F1 pertamanya, serta Toro Rosso untuk yang meraih top 3 untuk kedua kalinya,” kata Tanabe dalam siaran pers, Senin (18/11/2019).
 
Dia menjelaskan ajang balap dibuka dengan Max Verstappen yang memimpin jalannya balapan dari pole position untuk tim Aston Martin Red Bull Racing.
 
Meski sempat tertinggal setelah melakukan pit stop, Max Verstappen mampu mengejar ketertinggalannya dengan mengambil alih kembali posisi terdepan dan mampu mempertahankannya hingga garis akhir.
 
Sementara itu Pierre Gasly juga mampu memperlihatkan performa apiknya dengan mampu mempertahankan posisi kedua hingga garis finis. Hasil finis kedua nya tersebut merupakan podium pertama Pierre sejak berkarir di F1.
 
Sementara pebalap lainnya, yaitu Daniil Kvyat mencatatkan finis di posisi ke-10 untuk menambah koleksi point tim Toro Rosso yang kini berada di posisi kelima konstruktor F1 2019.
 
Untuk diketahui, Honda berhasil mencatatkan hasil juara pertama dan kedua yang pertama kalinya diraih sejak terakhir kali di Grand Prix Jepang 1991, sekaligus menjadi finis terbaik tim Toro Rosso sejak 2008 di mana hasil finis kedua di GP Brazil 2019 merupakan podium kedua di musim ini.

Sumber : Bisnis Indonesia