Advertisement

Davis Cup 2019, Spanyol Lolos ke 8 Besar, Juara Bertahan Kroasia Kandas

Newswire
Sabtu, 23 November 2019 - 07:02 WIB
Galih Eko Kurniawan
Davis Cup 2019, Spanyol Lolos ke 8 Besar, Juara Bertahan Kroasia Kandas Petenis Spanyol Rafael Nadal - Reuters/Tony Gentile

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Tuan rumah Spanyol dengan mulus melaju ke babak delapan besar putaran final Davis Cup, sementara juara bertahan Kroasia tersingkir dari turnamen tersebut.

Laga sepanjang Rabu di La Caja Magica, juga menjadi hari penuh cobaan bagi pemain, penyelenggara dan penonton.

Advertisement

Petenis nomor satu dunia Rafael Nadal memastikan posisi teratas Grup B bagi Spanyol saat ia menundukkan petenis Kroasia Borna Gojo 6-4, 6-3 untuk memberi timnya keunggulan 2-0 setelah Roberto Bautista Agut mengalahkan Nikola Mektic 6-1, 6-3.

Ini mengakhiri hari-hari yang menyedihkan bagi juara bertahan Kroasia, yang tidak diperkuat pemain andalannya Marin Cilic yang cedera dan kapten Zeljko Krajan yang dipecat beberapa hari menjelang turnamen itu. Mereka meninggalkan turnamen dengan dua kekalahan.

Namun, Britania Raya mampu bertahan pada pertandingan hari pertama mereka yang berat, ketika mereka mengatasi Belanda 2-1 dalam laga Grup E yang berlangsung hampir sembilan jam di Lapangan 3.

Australia masuk lapangan setelah Britania—terlambat 2 jam—untuk melawan Belgia dalam penentuan Grup D.

Nick Kyrgios melontarkan 22 as dan memenangi 43 dari 43 service point pertamanya saat mengalahkan Steve Darcis 6-2, 7-6(9) sebelum Alex de Minaur menundukkan David Goffin 6-0, 7-6 beberapa saat menjelang tengah malam.

Pasangan Australia John Peers dan Jordan Thompson melepaskan nomor ganda untuk kemenangan Belgia setelah memenangi gim pembuka.

Induk organisasi Tennis Australia pada Twitter menulis bahwa Peers mengalami "kekhawatiran cedera pergelangan tangan" saat kapten Lleyton Hewitt memimpin tim mempersiapkan diri menghadapi Kanada pada perempat final.

Sementara itu juara tiga kali Grand Slam Andy Murray kembali beraksi dalam Davis Cup untuk pertamakalinya sejak 2016 namun nyaris mandek melawan pemain Belanda peringkat 179 Tallon Griekspoor. Murray bangkit untuk mengatasi defisit 1-4 pada set penentuan untuk menang 6-7(7), 6-4, 7-6(5).

Murray, 32 tahun, yang kembali dari operasi pinggul Juni lalu, tampak lelah pada akhir pertandingan yang brutal itu setelah ia mencetak rekor (menang-kalah) 31-3 dalam pertandingan tunggal Davis Cup.

Belanda bangkit lagi saat Robin Haase mengatasi ketertinggalan satu set untuk mengalahkan Dan Evans namun Britania keluar sebagai pemenang ketika Jamie Murray berpasangan dengan Neal Skupski menang atas Wesley Koolhof dan Jean-Julien Rojer pada nomor ganda 6-4, 7-6(6), dengan menyelamatkan dua set point pada set kedua.

Britania Raya akan melawan Kazakhstan pada Kamis dan pemenangnya maju ke perempat final. Kapten Leon Smith mungkin akan mengistirahatkan Murray dan bahkan mungkin perlu sejenak mengistirahatkan dirinya sendiri.

"Ini salah satu hari terlama saya duduk di kursi," kata Smith, yang bertugas pada 2015 ketika Murray membawa Britania Raya meraih gelar. "Ini hari berikutnya dari drama yang luar biasa."

Novak Djokovic, yang digeser oleh Nadal dari ranking teratas pada akhir tahun, membantu Serbia unggul dengan meraih kemenangan mudah atas Yoshihito Nishioka saat Serbia mengalahkan Jepang 3-0 dalam Grup A.

Aksi pada Selasa selesai hampir pukul 02.00 dengan kemenangan pertama Spanyol atas Rusia dan laga Rabu terancam dimulai terlambat seperti pertandingan Italia melawan AS untuk menentukan runners-up Grup F juga dimulai dua jam lebih lambat setelah kemenangan Jerman 3-0 dari Argentina dalam Grup C mulur.

Tim AS berada di tengah kontroversi setelah juara grup Kanada memilih untuk menyerah pada nomor ganda pada pertandingan mereka malam sebelumnya setelah memastikan unggul 2-0.

Seandainya AS mengalahkan Italia, kemenangan ganda 6-0, 6-0 "hadiah" dari Kanada berpotensi membantu mereka menjadi salah satu dari dua runner-up terbaik yang akan bergabung dengan enam juara grup pada perempat final.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol

Sepakbola
| Kamis, 28 Maret 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement