SEA Games 2019, Balap Sepeda Road Race Digadang-gadang Bikin Kejutan

Pebalap sepeda nasional Robin Manullang - Antara
27 November 2019 12:02 WIB Newswire Olahraga Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Tim balap sepeda Indonesia disiplin road race diharapkan membuat kejutan pada Sea Games 2019 Filipina meski tidak ditargetkan untuk mendulang medali emas pada kejuaraan dua tahunan terbesar di Asia Tenggara itu.

"Persiapan sudah dilakukan dengan baik. Uji coba juga sudah dilakukan. Peak-nya pada Sea Games nanti," kata pelatih kepala timnas balap sepeda Indonesia, Dadang Harris Poernomo, di sela-sela pelepasan timnas di Jakarta pada Selasa (26/11/2019).

Pada disiplin road race, Indonesia mengirimkan pebalap putra dan putri. Untuk putra yang bakal turun di ITT adalah Aiman Cahyadi. Pebalap PRCT itu juga akan turun di nomor TTT bersama Robin Manullang, Muhammad Abdulrohman, dan Odie Setiawan.

Aiman juga akan turun di nomor individual road race (jalan raya) bersama Muhammad Abdurrohman, Sandy Nur Hasan,Odie Setiawan, Robin Manullang dan Jamalidin Novardianto. Sedangkan untuk putri hanya Ayustina Delia Priatna yang turun di ITT dan individual road race.

Dadang menyadari persaingan bakal ketat dan kondisi di lapangan berbeda dengan disiplin lain. Untuk individual road race banyak dinamika sering terjadi. Apalagi tuan rumah jelas bakal mengejar hasil yang terbaik.

"Di road race itu butuh kerja sama. Oleh karena itu, yang diturunkan itu ada yang sprinter dan climber. Dinamika di jalan juga berubah-ubah, sehingga diperlukan kerja sama tim yang baik. Beruntung pebalap kita cukup berpengalaman," kata Dadang menambahkan.

"Semoga road race bisa bikin kejutan, meski tuan rumah Filipina, Thailand, Malaysia, dan Vietnam tentu tidak tinggal diam," kata mantan pebalap BMX nasional itu.

Sementara itu, cabang olahraga balap sepeda menargetkan merebut tiga medali emas di Sea Games 2019.

Sumber : Bisnis Indonesia