Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2019 karena Lawan Cedera, Ini Komentar Ginting

Anthony Sinisuka Ginting - badmintonindonesia.org
13 Desember 2019 23:47 WIB Andhika Anggoro Wening Olahraga Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Anthony Sinisuka Ginting melaju ke semifinal BWF World Tour Finals 2019 Guangzhou setelah lawan terakhirnya di Grup B, Viktor Axelsen dari Denmark, mengalami cedera saat kedudukan baru 13-6 untuk keunggulan Anthony pada game pertama  di Tianhe Gymnasium, China, Jumat (13/12/2019).

“Ya mungkin ini rezeki saya. Karena kondisi seperti ini enggak bisa diprediksi, kapan pun bisa terjadi,” ujar Ginting kepada badmintonindonesia.

Regulasi yang dikeluarkan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) nomor 16.2.5 menyebut, "Jika pemain/pasangan mengalami sakit, cedera, diskualifikasi atau hal-hal yang tidak dapat dicegah, maka semua hasil yang dimiliki pemain/pasangan tersebut otomatis akan dihapuskan. Berhenti selama dalam pertandingan akan dianggap tidak menyelesaikan semua pertandingan di fase grup."

Jadi dalam kasus ini, seluruh poin yang berkaitan dengan Axelsen otomatis dihapus. Ginting, Chen dan Chou ada di posisi yang sama karena masing-masing punya satu kemenangan dan satu kekalahan. Bila mengacu pada regulasi tersebut, maka Ginting otomatis berada di puncak klasemen Grup B karena punya jumlah perbedaan game lebih banyak, yakni +1 setelah bermain rubber dengan Chou Tien Chen di laga pertama. Sementara perbedaan game Chen Long tercatat nihil karena kalah straight game dari Ginting dan menang dua game langsung atas Chou.

“Pastinya saya bersyukur bisa masuk ke babak selanjutnya. Saya juga nggak menyangka akan seperti ini. Apalagi saya sempat kalah dulu di pertandingan awal. Dan bisa dibilang Grup saya ini kan berat-berat pemainnya. Untungnya kemarin saya bisa menang straight game dari Chen Long dan dapat satu game waktu melawan Chou (Tien Chen),” ucap Ginting.

Keluar sebagai juara Grup B, Ginting masih menunggu calon lawannya di babak semifinal nanti. Sebab, kesempatan posisi runner up di Grup A masih terbuka untuk Jonatan Christie (Indonesia), Kento Momota (Jepang) dan Wang Tzu Wei (Taiwan).

“Untuk pertandingan selanjutnya, saya mau coba berpikir seperti kemarin saja sih, cuma mau mikirin gimana caranya buat nikmatin permainan sama ngelakuin yang terbaik saja di lapangan. Dan pastinya sambil menentukan strategi apa yang mau saya pakai di lapangan dan fokus untuk main yang bagus saja,” pungkas Ginting.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia