IBL 2020: BP Jogja Optimistis Tembus Final

Presiden Bima Perkasa Jogja Edy Wibowo saat berbincang dengan media, Senin (6/1/2020) - Harian Jogja/Jumali
06 Januari 2020 19:07 WIB Jumali Olahraga Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Target tinggi diusung oleh kontestan Indonesia Basketball League (IBL) 2020 asal DIY, Bima Perkasa (BP) Jogja pada musim ini. Tim yang bermarkas di GOR Klebengan ini menargetkan masuk final pada kompetisi basket terakbar di Tanah Air.

“Jika pada musim lalu kami mampu finish di peringkat ketiga di power ranking, maka musim ini harus lebih baik. Minimal masuk peringkat dua atau satu, ya artinya harus sampai final,” kata Presiden BP Jogja Edy Wibowo kepada awak media, Senin (6/2/2020) sore.

Edy menilai target ini adalah hal yang wajar. Sebab, sejak berubah nama dan pindah home base dari Malang ke Jogja, BP Jogja pada 2017 mengalami peningkatan. Sempat terseok-seok di awal 2017, BP Jogja mulai tampil stabil di 2018, dan pada 2019 BP Jogja mampu menempati peringkat ketiga di power ranking.

“Ini artinya kami sudah on the track. Semua berkat kinerja manajemen dan pelatih. Ini yang membuat kami semakin bersemangat menatap musim ini,” terang Edy.

Meski optimistis, Edy mengakui ada tantangan berat menghadang di musim ini. Sebab, IBL tidak lagi memberlakukan sistem divisi. Mulai 2020, IBL memberlakukan satu divisi. Di mana setiap tim akan bertemu. Selain itu, setiap tim yang ambil bagian mendapatkan jatah tiga pemain asing.

“Di samping itu Timnas Indonesia juga ambil bagian dengan nama Patriot pada musim ini. Meskipun nantinya tidak akan masuk babak playoff. Sementara kekuatan tim lain juga merata. Oleh karena itu, kerja sama tim akan sangat berperan di sini,” ucap Edy.

BP Jogja sendiri akan menjalani game perdana melawan Louvre Surabaya pada game pembuka Seri I di GOR Sahabat, Semarang, Jumat (10/1/2020).

“Kami siapkan kejutan untuk mereka. Mungkin mereka tahu play kami tapi enggak tahu kan apa yang akan kami bikin,” kata pelatih BP Jogja Raoul Miguel Hadinoto.