IBL 2020: BP Jogja Belum Pikirkan Pergantian Pemain Asing

Tiga pemain asing BP Jogja Devin Giligan, David Seagers dan Truman Blake - Instagram : BimaPerkasaJgj
13 Januari 2020 15:07 WIB Jumali Olahraga Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Penyelenggara kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2020 telah membuka jendela untuk pergantian pemain asing, usai Seri I digelar di Gor Sahabat, Semarang, Jumat (10/1/2020) hingga Minggu (12/1/2020) lalu.

Tetapi, opsi pergantian pemain asing ini belum terpikirkan oleh wakil DIY, BPD DIY Bima Perkasa (BP) Jogja. BP Jogja kini berada di peringkat keempat dengan 3 poin, dari 2 kali bermain, sekali menang dan sekali kalah. BP Jogja sempat menelan kekalahan di gim pertama dari Louvre Surabaya dengan skor 71-81. Sedangkan di gim kedua, BP Jogja menang dengan skor 58-66.

Adapun musim ini, BP Jogja diperkuat oleh tiga pemain asing yakni David Seagers, Devin Gilligan, Blake Ty Truman.

Jika mengacu kepada statistik penampilan pemain asing di Seri I Semarang, baru dua pemain asing BP Jogja yang memperlihatkan penampilan cukup apik. Devin Giligan mengemas 24,0 poin per gim atau berada di peringkat keenam dalam pengumpul poin. Selain itu, Devin juga berada di peringkat keenam dengan 3,0 asis per gim. Sedangkan David Seagers berada di peringkat kenam dalam catatan rebound per gim dari daftar pemain aisng.

“Untuk sementara kami belum memikirkan untuk pergantian pemain asing. Di mana, jadwal memang terlalu mepet sampai putaran VI di Jogja (6-8 Februari) mendatang,” kata pelatih BP Jogja Roul “Eboss” Miguel Hadinoto kepada Harianjogja.com, Senin (13/1/2020).

Eboss memilih melakukan pembenahan di dalam tim. Sebab, laga tidak kalah berat telah menanti BP Jogja pada seri II yang digelar di GOR C-Tra Arena, Bandung. Di mana BP Jogja akan berhadapan dengan peringkat kedua sementara, Hangtuah, Sabtu (18/1/2020), dan peringkat pertama sementara Pelita Jaya, Minggu (19/1/2020).

“Kami harus lebih konsisten dalam defense dan offence. Selain itu, anak-anak harus konsisten dalam menjalankan game plan,” terang Eboss.

Sementara Direktur IBL, Junas Miradiarsyah menyatakan, jika pergantian pemain asing bisa dilakukan setiap seri. Tetapi, semua didasarkan kepada peraturan liga yakni maksimal dua pergantian untuk dua pemain pemain asing per klub.

“Untuk batas akhirnya, pergantian bisa dilakukan sebelum playoff," kata Junas.