Advertisement

Ratusan Pegowes Bakal Susuri Kejayaan Teknologi Masa Lampau

Sunartono
Sabtu, 15 Februari 2020 - 19:37 WIB
Nina Atmasari
Ratusan Pegowes Bakal Susuri Kejayaan Teknologi Masa Lampau Konferensi pers Technoride Epic Endurance Cycling 2020. - Ist/Dok panitia

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Fakultas Teknik UGM menggelar Technoride Epic Endurance Cycling 2020 dengan melibatkan ratusan pegowes yang akan menempuh jarak puluhan kilometer, pada Minggu (16/2/2020). Kegiatan memperingati Hari Pendidikan Teknik ke-74 ini sekaligus untuk mengungkap kedigdayaan teknologi masa lalu dengan mengajak pegowes berhenti di sejumlah titik candi.

Ketua Panitia Technoride Epic Endurance Cycling 2020 FT UGM Tri Budi Utama menjelaskan kegiatan itu menyajikam dua rute, yaitu 40 kilometer dan 74 kilometer. Dari kedua rute tersebut akan melewati sejumlah titik yang erat kaitannya dengan teknologi masa lampau. Pada rute 40 kilometer misalnya akan melewati UGM Science Techno Park, Candi Sewu dan Candi Kedulan. Sedangkan rute 74 kilometer Museum Gunung Merapi, Candi Sewu dan Pusdiklat Paramedika Pakem.

Advertisement

"Sesuai dengan tema Jelajah Teknologi Nusantara, kami akan menelusuri keindahan Jogja sekaligus napak tilas kedigdayaan teknologi nenek moyang Indonesia," terang dia dalam yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (16/2/2020).

Ia menambahkan para peserta diajak untuk menyaksikan Candi Kedulan yang berada di Kalasan, Sleman. Di mana candi ini mencerminkan tingginya teknologi dan peradaban masa lampau. Pihaknya ingin mengkombinasikan kejayaan masa lalu, Mataram Hindu dengan teknologi di era saat ini. Adapun jumlah peserta untuk rute 74 kilometer dan 40 kilometer ini akan diikuti lebih dari 600 pesepeda.

Panitia Technoride Epic Endurance Cycling 2020 FT UGM Condroyono menyatakan, para peserta juga diajak mengeksplore Candu Sewu yang saat ini sebagai bukti sejarah peradaban masa lalu di mana usianya lebih tua dari Borobudur. Pihaknya juga akan menampilkan lima mobil listrik karya mahasiswa Teknik UGM, salah satu mobil yang dibawa adalah mobil listrik multi purpose vehicle.

"Di tengah perjalanan antara Candi Sewu ke UGM, akan bergabung mobil listrik bersama rombongan pesepeda untuk menuju ke titik finish di GSP UGM," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol

Sepakbola
| Kamis, 28 Maret 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement