Punya Akses Cepat Tes Corona, Tim NBA Dapat Dukungan

Pebasket Toronto Raptors Kyle Lowry (kedua kiri) berupaya memasukkan bola ke ring lawan dan dijaga pebasket Sacramento Kings Cory Joseph (kiri) dalam laga lanjutan NBA, di Golden 1 Center, Sacramento, California, AS, Minggu (8/3/2020) - Antara.
19 Maret 2020 13:02 WIB Newswire Olahraga Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Keputusan NBA yang bergerak cepat untuk melakukan tes virus corona (Covid-19) mendapatkan dukungan dari Adam Silver, komisioner NBA.

Sejumlah tim NBA termasuk Nets, Utah Jazz, Boston Celtics, Toronto Raptors, dan Los Angeles Lakers melakukan tes virus corona di fasilitas-fasilitas swasta meski alat tes yang ada jumlahnya terbatas. Langkah itu dilakukan setelah hasil tes terhadap empat pemain Brooklyn Nets menunjukkan hasil positif.

Di sisi lain, mayoritas warga Amerika Serikat harus menunggu lama agar dapat melakukan tes serupa. Walikota New York Bill de Blasio mengecam tim-tim NBA yang memiliki akses cepat untuk melakukan tes virus corona.

"Saya tentu saja paham poinnya bahwa sayangnya kami berada dalam posisi untuk melakukan tes mandiri, maka isu fundamental adalah tes-tes yang tidak cukup," kata Silver seperti dilansir Antara, Kamis (19/3/2020).

Dia mengatakan NBA hanya mengikuti rekomendasi-rekomendasi para petugas kesehatan publik.

Melalui akun Twitternya, Walikota New York De Blasio sebelumnya mengatakan bahwa dirinya simpati dengan musibah yang diterima para pemain Nets. Namun, di saat yang sama ia berpendapat bahwa para tim NBA belum perlu menjalani tes virus corona, ketika masih banyak rakyat yang menunggu untuk melakukan tes.

Pejabat-pejabat berwenang di Amerika Serikat sedang kelimpungan karena alat tes COVID-19 tidak cukup, sedangkan para ahli kesehatan berpendapat kemampuan virus itu menyebar di Negeri Paman Sam melampaui kemampuan negara untuk mendeteksinya.

Sumber : Bisnis Indonesia