Pemerintah Austria Izinkan F1 di Red Bull Ring Digelar Tanpa Penonton

Sirkuit Red Bull Ring di Spielberg, Austria, saat gelaran F1 Juni 2019. - Reuters
16 April 2020 17:47 WIB Newswire Olahraga Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Pemerintah Austria tidak keberatan jika Grand Prix Formula 1 di sirkuit Red Bull Ring di Spielberg, Styria, digelar tanpa penonton sebagai antisipasi pandemi virus corona jenis baru Covid-19.

"Kami tidak ingin menghalang-halangi itu," kata Menteri Olahraga dan Vice Chancellor Werner Kogler seperti dikutip Reuters pada Rabu (15/4/2020) tengah malam WIB.

Tujuh balapan yang ada dalam kalender Formula 1 tahun ini telah tertunda, sedangkan dua lainnya, Melbourne dan Monako, dibatalkan.

Grand Prix berikutnya di Prancis pada 28 Juni masih belum terkena imbasnya, dan setelah itu giliran Austria pada 5 Juli.

Menggelar balapan F1 akan sangat berbeda dari pertandingan sepak bola, kata Kogler.

Sebanyak 10 tim F1 masing-masing membawa sekitar 60 orang di paddock ketika akhir pekan, sementara staf F1 sendiri, ditambah ofisial teknis dan keselamatan, juga personel media dan televisi, bisa menambah jumlah orang yang berada di sirkuit menjadi lebih dari 1.000.

Angka itu akan bertambah lagi jika balapan pendukung seperti Formula 2 juga dijalankan.

Kogler menambahkan pembatasan perjalanan bisa menjadi masalah yang lebih besar ketimbang kebijakan menjaga jarak.

Menurut dia, hal itu harus dipertimbangkan di dalam kerangka dari pembatasan yang ada terhadap masuk dan keluarnya orang ke dalam negara tersebut. "Saya tidak bisa mengantisipasi jika diperlukan pengecualian di sana-sini."

Sumber : Bisnis Indonesia