Rossi Kemungkinan Bergabung dengan Petronas Yamaha

Valentino Rossi - Reuters/Heino Kalis
13 Mei 2020 22:27 WIB Thomas Mola Olahraga Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Valentino Rossi kemungkinan besar bergabung dengan tim saletit Petronas Yamaha SRT untuk MotoGP musim 2021. Rumor itu santer beredar setelah pembalap Italia berusia 41 tahun menyatakan akan terus membalap pada musim depan.

Yamaha sebagai pabrikan juga telah menyatakan akan memberikan Rossi motor spesifikasi tim pabrikan. Pasalnya, selain memiliki jasa besar bagi Yamaha, Rossi juga harus merelakan posisinya di tim pabrikan setelah Monster Energy Yamaha, timnya saat ini yang berbasis di Lesmo, Italia, merekrut pembalap muda potensial Fabio Quartararo.

Laman resmi MotoGP, Rabu (13/5/2020) melaporkan Rossi kemungkinan besar telah mencapai kata sepakat dengan tim asal Malaysia itu. Kontrak resmi kemungkinan akan dirilis pada pekan ini karan tinggal menyelesaikan detail-detail kecil lainnya.

Pasalnya, Petronas Yamaha SRT, yang berbasis di Sepang, Malaysia, merupakan satu-satunya tim satelit yang menggunakan motor Yamaha. Sejauh ini, catatan tim itu tergolong mencolok karena mampu menempatkan pembalapnya untuk bertarung meraih podium pada musim lalu.

Sebelumnya, Kepala tim Petronas Yamaha SRT Razlan Razali telah menyatakan akan mempertahankan pembalap mudanya Franco Morbidelli untuk ditandemkan dengan salah satu pembalap lainnya. Rossi kemungkinan bakal menjadi rekan setim bersama anak didiknya yang pernah meraih gelar Moto2 itu.

"Memiliki dua pembalap baru pada tahun depan akan sangat berisiko. Kami memilih untuk mempertahankan satu yang kami miliki," ujar Razali baru-baru ini.

Pada kesempatan lain, Razali menyebutkan jika Rossi bergabung dengan Petronas Yamaha SRT, terdapat beberapa hal yang perlu disepakati seperti mekanik yang boleh dan tidak boleh dibawa oleh Rossi. Pasalnya, Petronas juga tidak ingin merombak tim yang sudah ada.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia