Austria Jadi Pembuka Formula 1 Setelah Vakum 4 Bulan

Sirkuit Red Bull Ring di Austria saat menggelar grand prix Formula 1 tahun lalu sebelum adanya pandemi Covid-19. - formula1.com
30 Juni 2020 16:17 WIB Newswire Olahraga Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Musim balapan Formula 1 resmi dimulai di Austria akhir pekan. Seperti diketahui, ajang balap mobil itu sempat vakum sekitar empat bulan lantaran adanya pandemi Covid-19.

Sementara bagi Austria, akhir pekan mendatang menjadi momentum bersejarah. Pasalnya Austria menjadi tuan rumah seri pembuka di sirkuit Red Bull Ring yang di pekan berikutnya akan berlangsung seri kedua.

Trek yang memiliki latar pemandangan pegunungan di Spielberg itu pun menjadi sirkuit pertama yang menggelar dua Grand Prix Formula 1 di musim yang sama.

Hal itu bisa menjadi kabar baik bagi Max Verstappen yang telah mempersembahkan dua kemenangan bagi Red Bull di sirkuit kandangnya dalam dua tahun terakhir.

Akan tetapi di bawah protokol kesehatan ketat, tak akan ada fan, perwakilan sponsor maupun area ramah tamah di trek, sementara interaksi antarpersonel di paddock akan dibatasi.

Tim dan pebalap telah menggelar sesi latihan privat jelang restart Formula 1 sebagai ajang pemanasan sejak terakhir kali menyalakan mobil balap mereka di sesi tes pramusim Barcelona, Februari lalu.

Hamilton, yang membutuhkan tujuh kemenangan lagi untuk menyamai rekor 91 kali Michael Schumacher, mengharapkan mobil Mercedes yang lebih cepat tahun ini, sementara tim-tim rival juga akan memboyong sejumlah paket upgrade yang belum terpasang sejak gagal balapan di Australia.

Juara dunia empat kali Sebastian Vettel, yang masa depannya di Formula 1 belum jelas , akan memanfaatkan musim terakhirnya dengan Ferrari sebaik mungkin.

Sayangnya hingga kini belum jelas berapa banyak grand prix yang akan berlangsung tahun ini di saat tujuh sirkuit telah mengundurkan diri dari kalender.

Dengan delapan balapan awal, yang semuanya di Eropa, Formula 1 berupaya bisa menggelar 15-18 seri tahun ini. Jika benar begitu, maka beberapa sirkuit bakal menggelar masing-masing dua balapan.

Sumber : Antara