Lengannya Dipasangi Sekrup, Marquez Terancam Menepi 2 Seri

Marc Marquez - Instagram @maecmarquez93
20 Juli 2020 21:47 WIB Chrisna Chaniscara Olahraga Share :

Harianjogja.com, JEREZ—Pembalap Honda, Marc Marquez, berpotensi absen hingga dua seri mendatang di Moto GP 2020 setelah kecelakaan yang dialaminya dalam seri perdana di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020). Cedera patah lengan kanan Marquez cukup parah setelah tertimpa ban depan motor saat insiden.

Pembalap berjuluk Baby Alien itu mengalami kecelakaan di Tikungan 4 Sirkuit Jerez saat race tersisa empat putaran. Marquez terpelanting dari motornya ketika memburu Maverick Vinales yang berada di posisi kedua. Tim Honda sendiri belum dapat memastikan masa pemulihan yang dibutuhkan Marquez hingga dia bisa kembali balapan.

Namun Direktur Medis Moto GP, dr. Charte, memperkirakan Marquez baru bisa kembali pada GP Austria, 16 Agustus. Dengan demikian Marquez terancam absen pada GP Andalusia, 26 Juli dan GP Republik Cheska, 9 Agustus. “Besok [Senin, 20/7 waktu setempat] dr Xavier Mir akan ke Barcelona untuk penanganan bedah humerus [tulang lengan]. Kami tidak bisa mengatakan dengan pasti apakah dia akan kembali di Brno [Republik Cheska] atau di Austria,” ujar Charte seperti dilansir Crash, Senin (20/7/2020).

Marquez dijadwalkan menjalani operasi di Rumah Sakit Universitari Dexeus Barcelona pada Selasa (21/7/2020). Sky Sports melaporkan Marquez memiliki dua kemungkinan dalam operasi tersebut yakni dipasangi sekrup atau pelat pada bagian humerus kanan. Waktu pemulihan bakal lebih cepat dengan pemasangan sekrup. Sementara pemasangan pelat membutuhkan waktu pemulihan lebih lama. Dokter spesialis Traumatologi, Xavier Mir, menyebut lengan Marquez menderita cedera parah karena tertimpa ban depan motor. Jari-jari Marquez bahkan sempat tak bisa digerakkan seusai kecelakaan. “Patahan yang besar tapi tidak sampai putus. Ada kemungkinan terjadi paralisis [kelumpuhan] di saraf, tapi kami tidak terlalu yakin,” ujar Mir.

Sementara itu, Marquez memuntahkan perasaannya melalui Instagram pribadi usai insiden horor di Jerez. “Kadang semua tak terjadi seperti yang Anda inginkan. Namun hal terpenting adalah segera bangkit dan melupakannya,” tulis Marquez. Dia berjanji akan kembali ke trek secepat mungkin. “Bahkan menjadi lebih baik.” Marquez sempat mengundanh decak kagum setelah mampu menembus posisi tiga setelah sempat melorot di urutan 18 lantaran melintir di awal balapan. Sayang aksi sensasionalnya itu terhenti ketika Marquez terlempar dari motornya empat lap jelang finis.

Sumber : JIBI/Solopos