Oktober, DIY Bakal Jadi Tuan Rumah Pacuan Kuda Piala Presiden

Ilustrasi - Pixabay
13 September 2020 14:47 WIB Lugas Subarkah Olahraga Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Meski masih pandemi Covid-19, Kejurnas Pacuan Kuda Piala Presiden akan digelar pada Oktober mendatang, dengan penerapan protokol kesehatan ketat. DIY menjadi tuan rumah kompetisi pacuan kuda yang akan digelar dalam dua seri ini.

Ketua Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi), Triwatty Marciano, menuturkan pertandingan akan dilakukan dua kali, yakni penyisihan pada 5 Oktober dan final pada 19 Oktober, semuanya di Arena Pacuan Kuda, Stadion Sultan Agung, Bantul.

Joko yang terlibat dalam kompetisi berskala nasional ini sebanyak 119 orang dari seluruh Indonesia. “Peserta memang kami batasi karena situasi dan kondisi saat ini, kami tidak mengharapkan penumpukan peserta. Namun jumlah itu sudah sangat memuaskan,” ungkapnya, Jumat (11/9/2020).

BACA JUGA: Sejumlah Gedung di Kota Jogja Dibidik Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Pordasi bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyediakan total 500 fasilitas uji swab kepada peserta, panitia, dan semua pihak yang berpartisipasi dalam kejurnas ini.

Ia berharap kejurnas ini mampu melahirkan joki dan kuda baru yang berprestasi sehingga memperkaya daftar atlet berkuda Indonesia. “Meski terlambat terlaksana karena pandemi, alhamdulillah kejurnas ini masih bisa dilaksanakan. Tahun 2021 kami akan perbaiki kekurangan dari pelaksanaan tahun ini,” kata dia.

BACA JUGA: Di Sleman, Wisata Alam Dinilai Paling Konsisten Terapkan AKB Masa Pandemi Covid-19

Ketua Pordasi DIY, KPH Yudanegara, menuturkan dari DIY ada 23 kuda yang akan ikut berkompetisi. Pertandingan akan digelar tidak pada akhir pekan, yakni pada Senin dan berlangsung hanya setengah hari, pukul 08.00-12.00 WIB. Ini dilakukan untuk mencegah membeludaknya penonton.

Pordasi bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika DIY untuk memfasilitasi layanan streaming lewat kanal Youtube dan media lainnya.

Ia berharap pada kompetisi ini DIY dapat meraih kemenangan sehingga dapat mempertahankan Piala Presiden. Piala Presiden sudah ada di Jogja, jangan kembali ke daerah lain. Makanya saya kasih semangat kepada kawan-kawan, kita tuan rumah jadi harus bisa,” ungkapnya.