Satukan Penggemar Road Bike, Komunitas Ini Kenalkan Wisata Lewat Sepeda

Para pesepeda ZCC Cycling Community. - instagram zcc.
12 Oktober 2020 05:57 WIB Sunartono Olahraga Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah komunitas pesepeda akhir-akhir bermunculan. Mereka tidak hanya sekedar berolahraga namun juga berkegiatan sosial hingga berupaya mempromosikan wisata di wilayah DIY seperti dilakukan ZCC Cycling Community. Komunitas ini didominasi sepeda jenis roadbike.

Salah satu inisiator ZCC Cycling Community Yuan Djaziem Djaelani menyatakan pihaknya ingin menyatukan penggemar roadbike yang selama ini masih banyak yang terpisah baik di wilayah DIY maupun di Indonesia. Sehingga menerima berbagai komunitas roadbike untuk bergabung.

BACA JUGA : Pemkot Jogja Luncurkan Rute Wisata Sepeda

“Meski baru terbentuk beberapa waktu terakhir ini, kami mendapatkan sambutan positif dari para penggemar roadbike, sehingga banyak yang bergabung,” ungkapnya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Minggu (11/10/2020).

Ia menambahkan anggotanya berasal dari berbagai latarbelakang sehingga mudah dalam membangun jaringan untuk berkegiatan. Salah satunya yang dilakukan adalah mempromosikan sejumlah wisata di DIY melalui kegiatan sepeda dengan mengambil sejumlah rute yang menantang sekaligus menarik. Sehingga selain berolahraga bisa sekaligus berwisata.

Menurutnya terbentuknya komunitas ini mendapatkan respons tak hanya dari DIY namun juga penggemar roadbike dari sejumlah kota di Indonesia. Beberapa penggemar roadbike dari Malang sempat ikut berkegiatan sepeda di Jogja setelah melihat aktivitas ZCC di media sosial. Pada Oktober 2020 ini dijadwalkan ada sejumlah kegiatan serupa dengan melibatkan penggemar roadbike dari beberapa kota.

BACA JUGA : SEPEDA LIPAT JOGJA: Bersepeda, Melepas Penat

“Sekaligus kami termotivasi ingin memperkenalkan Jogja kepada para penggemar roadbike di Indonesia, harapannya ketika mereka datang berkegiatan sambil berwisata bisa berdampak membangkitkan perekonomian di masa pandemi ini,” katanya.

Pegiat ZCC Ferdi Rossil Bakir menambahkan wisata bersepeda di DIY memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan dalam rangka meningkatkan perekonomian sehingga memberikan manfaat bagi warga. Sehingga melalui komunitasnya pihaknya memperkenalkan pariwisata di DIY pada wisatawan yang memiliki minat khususnya bersepeda.

Sejumlah rute yang menarik dan cukup menantang memiliki daya tersendiri bagi penikmat bersepeda seperti Kawasan Kaliurang, Turgo, Kawasan menuju Borobudur, Hutan Pinus Mangunan hingga menyusuri Selokan Mataram. “Ada banyak rute bersepeda yang mengasyikkan di DIY sehingga layak dicoba,” ujarnya.

BACA JUGA : Mau Gowes? Unduh Aplikasi JSS untuk Menikmati Rute

Selain itu komunitas ini juga aktif melakukan kegiatan sosial seperti melakukan kampanye penerapan protokol kesehatan dan pemberian bantuan kepada warga yang dilalui rute bersepeda di sela-sela kegiatan. Seperti yang dilakukan pada Sabtu (10/10/2020) di Dusun Pajangan II, Kulonprogo

“Kami berusaha untuk bisa memberikan manfaat bagi warga seperti membagikan 125 sembako paket di Dusun Pajangan II dan rencananya ke depan akan dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga,” katanya.