MOTOGP: Suzuki Incar Treble di Portugal

Joan Mir - Instagram @joanmir36official
17 November 2020 07:27 WIB Chrisna Chaniscara Olahraga Share :

Harianjogja.com, VALENCIA—Suzuki berambisi melengkapi pesta mereka dengan memenangi gelar juara dunia konstruktor Moto GP 2020. Jika itu berhasil diraih, Suzuki bakal mencatatkan treble winners setelah mengantar Joan Mir merengkuh juara dunia serta menjadi kampiun di kategori tim.

Saat ini Suzuki dan Ducati bersaing ketat di kategori konstruktor. Kedua pabrikan sama-sama mengantongi 201 poin jelang balapan pamungkas di GP Portugal akhir pekan ini. Suzuki yang hanya mengandalkan Mir dan Alex Rins bakal bertarung melawan skuat Ducati yakni Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, Jack Miller, dan Pecco Bagnaia. Penentuan pemenang untuk kategori konstruktor diambil dari hasil terbaik pembalap di tiap konstruktor.

Bagi Suzuki, gelar juara dunia konstruktor bakal istimewa mengingat mereka sudah sangat lama tidak meraihnya. Kali terakhir pabrikan Jepang itu menjadi yang terdepan di kelas premier adalah tahun 1982 atau hampir empat dekade silam. Musim lalu Suzuki masih menjadi pabrikan medioker dengan finis nomor empat di kategori konstruktor, di bawah Honda, Yamaha dan Ducati. Mereka hanya lebih baik dari KTM dan Aprilia.

Pengamat Moto GP, Carlo Pernat, menilai Suzuki berpeluang merebut gelar juara dunia konstruktor musim ini sekaligus menghentikan dominasi Honda satu dekade terakhir. “Suzuki membuktikan bahwa motornya sudah sempurna. Berada pada situasi balapan dengan dua motor, dibanding dengan pabrikan lain yang punya minimal empat motor, menandakan bahwa Suzuki sangat luar biasa dan menjadi pabrikan yang penting di ajang Moto GP,” ujar Pernat dilansir Motosan.

Klasemen Tim 5 Besar

  1. Suzuki Ecstar (309)*
  2. Petronas Yamaha (230)
  3. Red Bull KTM (209)
  4. Ducati (203)
  5. Yamaha Racing (169)

Keterangan: *resmi keluar sebagai juara

Klasemen Konstruktor 5 Besar

  1. Suzuki (201)
  2. Ducati (201)
  3. Yamaha (188)
  4. KTM (175)
  5. Honda (133)

Sumber: Motorsport (cha)

Sumber : JIBI/Solopos