Turnamen Pra Musim Jadi Ujicoba Kompetisi di Tengah Pandemi

Komjen Listyo Sigit Prabowo - Antara
20 Februari 2021 08:07 WIB Lugas Subarkah Olahraga Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-Turnamen pra musim 2021 dipastikan akan dimulai pada 20 Maret mendatang. Turnamen yang berlangsung di sejumlah daerah termasuk Sleman ini telah mendapat restu dari Kapolri dengan catatan protokol kesehatan harus ditegakkan dan tanpa penonton.

Hal ini disampaikan Kapolri Jendral Listyo Sigit saat berkunjung ke Maguwoharjo untuk meninjau pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, Jumat (19/2/2021).

"Kemarin saya dengan pak Menpora sudah sepakat ya bahwa kegiatan liga akan segera dimulai tentunya dimulai dengan kegiatan pra kompetisi dengan memperebutkan piala Menpora. Akan dilaksanakan nanti dimulai tanggal 20 Maret sampai dengan selesai," ujarnya.

Baca juga: Nissa Sabyan dan Ayus Sabyan Dikabarkan Selingkuh, Sang Istri Syok

Ia berharap turnamen ini dapat berjalan sesuai poin-poin yang telah disepakati, yakni menegakkan protokol kesehatan, tanpa penonton dan hanya didampingi oleh perangkat tim yang dibatasi jumlahnya.

"Sementara untuk penonton, pecinta sepakbola, supporter dipersiapkan tv dan streaming untuk kemudian bisa menonton tim yang disayangi dari rumah masing-masing atau tempat bekerja. Ini akan kami coba kalau bagus tentunya dilanjutkan dengan kompetisi," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menuturkan siap menggelar turnamen pra musim sesuai protokol kesehatan yang baik. Turnamen ini menjadi ajang percontohan kompetisi di tengah pandemi Covid-19, yakni penerapan protokol kesehatan hingga komitmen suporter untuk tidak datang ke stadion dan menggelar nonton bareng (nobar).

“Dengan adanya turnamen pra musim semua bisa melihat penerapan disiplin protokol kesehatan, karena kita belum pernah mencobanya. Sehingga ini jadi evaluasi untuk bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 mendatang. Selain itu, bisa jadi ajang pemanasan tiap klub untuk melakukan seleksi pemain sebelum dikontrak sebelum tampil dalam kompetisi sesungguhnya,” ujarnya.

Baca juga: Beda Sikap, Pedagang Informal di Malioboro Tak Sepakat dengan Pergub Larangan Demo

PSSI sudah menetapkan title turnamen ini menjadi Piala Menpora 2021. Rencananya turnamen akan diikuti 20 klub dengan komposisi 18 klub Liga 1 serta dua klub Liga 2. Turnamen akan digelar disejunlah daerah meliputi Solo, Malang, Bandung dan Sleman.