Aprilia Manganang Dinyatakan sebagai Pria, Ini Respons PBVSI

Pebola voli putri Bandung BJB Tandamata Aprilia Santini Manganang (kiri) melepas smes ke arah tim pebola voli putri Jakarta BNI 46 saat pertandingan seri kedua putaran kedua Proliga 2020 di GOR C'Tra Arena, Bandung, Jawa Barat, Minggu (8/3 - 2020). / Antara
11 Maret 2021 22:47 WIB Newswire Olahraga Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Pihak Persatuan Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) akhirnya buka suara soal perubahan status gender Aprilia Manganang yang dinyatakan sebagai laki-laki. Lewat Ketua III Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP PBVSI, Hanny S Surkatty, mereka menyatakan dukungan penuh atas keputusan yang diambil Aprilia.

Hanny mengatakan bahwa langkah yang diambil Aprilia ini merupakan hak pribadi dari mantan pevoli putri Indonesia itu. Soal kondisi Aprilia sendiri, menurut Hanny, ini bukanlah sebuah kesengajaan.

BACA JUGA : Foto-foto Serda Aprilia Menganang Setelah Menjadi Pria

Sebab, Aprilia sendiri tak pernah mengetahui sebelumnya bahwa dirinya adalah seorang laki-laki. Sejak lahir, atlet asal Tahuna, Sulawesi Utara, itu benar-benar mengetahui bahwa dirinya adalah seorang perempuan.

Pihak PBVSI sendiri menempatkan Aprilia di tim voli putri berdasarkan dokumen negara yang diberikan oleh sang pemain. Karena itu, selama ini Aprilia Manganang membela tim voli putri Indonesia dalam beragam turnamen nasional maupun internasional.

“Kami minta maaf kemarin beberapa rekan yang menghubungi tetapi tidak bisa kami jawab, karena kami sedang mempelajari persoalan Aprilia Manganang ini. Karena kita juga baru tahu dari media. Jadi, kita tidak tahu sebelumnya prosesnya seperti apa,” ujar Hanny yang juga merupakan Direktur Proliga dalam konferensi pers virtual, Kamis (11/3/2021).

“Mengenai Aprilia ini, yang pertama kita mendukung penuh keputusan yang diambil oleh April yang difasilitasi oleh KSAD Jenderal Andika Perkasa mengenai perubahan dari putri ke putra. Itu kan memang hak pribadi dari Aprilia Manganang sendiri,” lanjutnya.

BACA JUGA : Jadi Buah Bibir karena Berubah Jadi Pria, Ini Perjalanan Karir

“April itu tidak ada faktor kesengajaan. Dia sendiri tidak tahu kalau dia sebenarnya laki, jadi dari lahir keluarganya, terus dokumen negara, semua yakin dia itu perempuan,” tuturnya.

“Kami menempatkan April sebagai putri karena berdarasarkan dokumen-dokumen negara yang sudah kita peroleh dari dia berupa KTM, KK, dan passport,” jelas Hanny.

Aprilia Manganang tengah ramai perbincangan publik Tanah Air karena status gendernya yang ternyata seorang laki-laki. Kabar itu disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa.

Informasi soal Aprilia Manganang yang ternyata laki-laki ini tentu saja membuat banyak pihak terkejut karena selama ini dia telah dikenal sebagai perempuan. Bahkan, Aprilia pernah turut memperkuat Tim Nasional (Timnas) Voli Putri Indonesia dan juga bergabung ke Korps Wanita TNI Angkatan Darat.

Tetapi, setelah melalui pemeriksaan medis pada 3 Februari 2021, Aprilia dinyatakan mengalami kelainan hipospadia. Kelainan ini merupakan kondisi langka ketika lubang kencing penis ada pada bagian bawah dan bukannya di ujung.

Sumber : okezone.com