Jumlah Atlet Indonesia yang Ikut Olimpiade Tokyo 2021 Lebih Sedikit daripada Malaysia

Ilustrasi - Seorang pria mengenakan masker sedang berdiri di depan logo Olimpiade di Jepang./Antara - Reuters
06 Juni 2021 16:37 WIB Mia Chitra Dinisari Olahraga Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Jumlah atlet Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade 2021 lebih sedikit dibandingkan atlet asal Malaysia.

Hingga kini jumlah atlet Indonesia yang lolos ke Olimpiade Tokyo 2021 ada sebanyak 18 orang. Sedangkan dari Malaysia ada sebanyak 28 orang.

Adapun jumlah atlet terbanyak yang akan dikirim dari Asia Tenggara yakni dari Thailand sebanyak 32 orang. Data sementara itu diunggah akun twitter good news from Indonesia @gnfi.

Jumlah atlet dari Indonesia yang akan dikirim berasal dari beragam cabang olahraga. Yakni bulutangkis 11 atlet, atletik 1 atlet, angkat besi 2 atlet, rowing 1 atlet, panahan 2 nomor, menembak 1 atlet.

Sementara itu, pada olimpiade 2016 di Brasil, Indonesia mengirimkan sebanyak 28 atlet ke Rio de Jenairo.

25 atlet Indonesia yang lolos langsung dari babak kualifikasi Olimpiade. Sedangkan tiga atlet lainnya mendapat wild card, yakni satu atlet atletik dan dua atlet renang.

Dalam olimpiade tersebut, Indonesia sukses membawa tiga medali, yakni 1 medali emas dari cabang bulutangkis, dan 2 medali perak dari cabang angkat besi.

Olimpiade Musim Panas 2020, secara resmi dikenal dengan Games of the XXXII Olympiad, adalah ajang olahraga internasional akan datang yang semula dijadwalkan untuk diselenggarakan di Tokyo, Jepang, pada tanggal 24 Juli-9 Agustus 2020. Pada Maret 2020, Komite Olimpiade Internasional (IOC) memutuskan untuk menunda olimpiade selama setahun karena pandemi virus korona. Sejauh ini, IOC menyatakan bahwa olimpiade musim panas ini akan dibuka pada 23 Juli 2021, tepat satu tahun dari jadwal semestinya.

Tokyo terpilih sebagai kota tuan rumah dalam sidang IOC ke-125 di Buenos Aires, Argentina, pada 7 September 2013.

Sumber : JIBI/Bisnis.com