Advertisement

MotoGP: Rossi dan Marquez Jatuh, Oliveira Juara GP Catalunya

Newswire
Minggu, 06 Juni 2021 - 21:07 WIB
Budi Cahyana
MotoGP: Rossi dan Marquez Jatuh, Oliveira Juara GP Catalunya Miguel Oliveira membuat kejutan dengan tampil dominan demi membawa KTM juara di Grand Prix Catalunya pada Minggu (6/6/2021). - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Miguel Oliveira membuat kejutan dengan tampil dominan dan menjuarai MotoGP Catalunya pada Minggu (6/6/2021).

Oliveira meraih kemenangan pertamanya di GP Catalunya, juga bagi KTM, musim ini setelah finis 0,175 detik di depan pebalap Pramac Racing Johann Zarco di lomba sepanjang 24 putaran tersebut.

Advertisement

Jack Miller membawa Ducati melengkapi podium setelah Fabio Quartararo mendapat penalti tambahan tiga detik karena mengalami masalah dengan baju balapnya, demikian laman resmi MotoGP.

"Saya tak bisa berkata-kata. Ini mungkin salah satu balapan terbaik yang pernah saya alami," kata Oliveira.

Dengan podium keempatnya musim ini, Zarco mengoleksi total 101 poin, memangkas jaraknya dari Quartararo yang masih unggul 17 poin di puncak klasemen setelah tujuh balapan.

Sedangkan Miller naik ke peringkat tiga dengan 90 poin, menggeser rekan satu timnya, Francesco Bagnaia ke peringkat empat dengan margin dua poin.

Dari P2 Miller mencuri posisi pimpinan lomba dari Quartararo yang start dari pole setelah Tikungan 1 lap pembuka. Oliveira juga menyodok ke P2, menggeser Quartararo ke P3, sebelum mengambil alih pimpinan lomba dari Miller yang membuat kesalahan di lap ke-2.

Quartararo melaju terlalu dalam menuju Tikungan 7 sehingga melebar dan membuka jalan bagi Joan Mir dan Aleix Espargaro.

Di saat Oliveira unggul hampir satu detik di depan dari rival terdekat, Quartararo berusaha menemukan ritme dan berhasil melewati rival-rivalnya untuk kembali ke P2 dan memangkas jaraknya dari pebalap KTM di depannya.

Unggul sepersekian detik setiap lapnya, El Diablo memiliki celah untuk menyalip Oliveira di lap ke-12 dan merestorasi posisinya sebagai pimpinan lomba.

Oliveira tampil kompetitif sepanjang akhir pekan ini berkat sasis baru yang dibawa KTM sejak Mugello pekan lalu di mana ia finis sebagai runner-up.

Sang pebalap Portugal tak ingin menunggu hingga pengujung lomba dan kembali mencuri posisi Quartararo di lintasan lurus utama.

Di sepuluh lap terakhir pasukan Ducati memulai serangannya ketika Johann Zarco dan Jack Miller menyalip Mir demi bertarung untuk podium.

Quartararo tak cukup cepat untuk mengejar Oliveira dan bahkan terancam oleh dua Ducati di belakangnya.

Zarco berhasil menyalip kompatriotnya dengan tiga lap tersisa di saat Quartararo mengalami masalah dengan baju balapnya. Rekaman menunjukkan Quartararo membuang pelindung dadanya di tengah lomba.

Oliveira mampu menahan gempuran Zarco di lap terakhir demi menjadi yang pertama melintasi garis finis dan meraih kemenangan ketiga dalam kariernya di depan 24.000 penonton yang menyaksikan langsung di Catalunya.

Quartararo finis ketiga, namun mendapat penalti tambahan tiga detik karena membalap dengan baju balap yang terbuka sehingga Miller berhak naik podium untuk P3.

Joan Mir mengamankan poin untuk Suzuki di P5, mengalahkan Maverick Vinales, yang memiliki crew chief baru, dan Francesco Bagnaia.

Brad Binder menambah pundi-pundi poin bagi KTM di P8, di saat Franco Morbidelli dan rookie Enea Bastianini melengkapi peringkat sepuluh besar.

Valentino Rossi sebenarnya berada dalam zona poin tapi gagal menyelesaikan lomba karena terjatuh, demikian pula Marc Marquez yang mencium gravel untuk ketiga kalinya di tiga balapan terakhir.

Alex Rins melewatkan balapan di kampung halamannya setelah mengalami kecelakaan ketika berlatih dengan sepeda pada Kamis dan harus menjalani operasi di Barcelona pada Jumat pagi.

Rookie Jorge Martin kembali membalap akhir pekan ini setelah absen karena pemulihan cedera pascakecelakaan di Portimao, tetapi sang pebalap Spanyol mengalami highside ketika menuju grid jelang start dan harus bergegas kembali ke garasi untuk berganti motor dan harus start dari posisi paling belakang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Francesco Acerbi Dikeluarkan dari Timas Italia Terkait Dugaan Rasis

Sepakbola
| Selasa, 19 Maret 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement