Ini 10 Olahraga dalam Ruangan yang Cocok Dilakukan Saat PPKM Mikro

Olahraga di rumah - istimewa
24 Juni 2021 23:37 WIB Lukman Nur Hakim Olahraga Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Aktivitas masyarakat menjadi terbatas akibat kebijakan untuk menekan penularan Covid-19 ini.

Penerapan PPKM mikro secara tidak langsung juga akan membatasi aktifitas masyarakat untuk berolahraga, terutama di fasilitas publik.

Namun, olahraga sebenarnya bisa dilakukan dimana saja, bahkan di rumah sekalipun. Dilansir dari Summarecon, berikut 10 olahraga yang cocok dilakukan di dalam rumah selama periode PPKM Mikro.

1. Jalan-Jalan
Jalan-jalan tidak harus di luar ruangan. Anda pun dapat berjalan-jalan ria di koridor atau halaman rumah. Anda juga bisa mencoba naik turun tangga di rumah Anda. Dengan melakukan jalan-jalan di lingkuan rumah saja anda bisa membakar beberapa kalori dan sehat di masa PPKM seperti sekarang ini.

2. Jumping Jack
Olahraga lain yang bisa Anda praktekkan di rumah, yaitu jumping jack. Jumping jack merupakan olahraga aerobik yang dapat menyehatkan sistem kardiovaskular, dengan menurunkan tekanan darah. Jika Anda belum tahu gerakan jumping jack, cobalah untuk melihat video di Youtube.

3. Push Up
Push up merupakan salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah tanpa bantuan alat. Olahraga ini sangatlah simple bagi Anda yang malas untuk berolahraga yang lain. Dengan push up, Anda bisa membakar kalori yang ada ditubuh Anda, sekaligus menambahkan masa pada otot.

4. Leg Lift
Leg lift juga bisa dilakukan di rumah. Gerakan ini berguna untuk memperkuat otot-otot kaki. Anda juga bisa mengkombinasikan leg lift dengan gerakan lain, seperti push up atau sit up.

5. Sit Up
Selain push up, anda juga bisa melakukan olahraga sit up. Gerakan sit up bermanfaat untuk memperkuat otot-otot perut. Cara ini sangat efektif untuk mengencangkan otot-otot perut Anda yang masih kendur.

6. Jogging
Siapa bilang jogging harus dilakukan di jalanan atau luar rumah? Anda pun bisa melakukan jogging di rumah. Seperti memutari halaman rumah atau jogging di tempat sambil menonton tv atau mendengarkan musik yang Anda sukai.

7. Squat
Gerakan squat berguna untuk memperkuat kaki dan punggung. Anda bisa mempraktekkan gerakan squat dengan berdiri dan duduk di atas kursi. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang.

8. Angkat Beban
Olahraga angkat beban tidak harus dilakukan di gym menggunakan dumble dan barble. Anda pun bisa memanfaatkan peralatan seadanya yang bisa didapatkan di sekitar rumah, seperti timba berisi air atau sisa botol tak terpakai. Anda membuat barbel dari pot bunga yang diisi dengan semen putih.

9. Menari
Menari merupakan pilihan yang tepat untuk berolahraga sekaligus hiburan. Selain dapat membangkitkan suasana hati, menari juga berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

10. Naik Turun Tangga
Olahraga lain yang simple untuk dilakukan didalam rumah adalah naik turun tangga. Meskipun gerakannya sangat sederhana, manfaat olahraga ini sangatlah luar biasa. Jika gerakan ini Anda lakukan secara maksimal, naik turun tangga bermanfaat untuk memperkuat otot dan tulang kaki.

Sumber : JIBI/Bisnis.com