Kominfo Jamin Layanan Komunikasi di PON Papua

Stadion Papua Bangkit yang akan digunakan untuk pagelaran PON 2020 - Antara
25 Juni 2021 18:37 WIB MG Noviarizal Fernandez Olahraga Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung dan menjamin layanan jaringan telekomunikasi seluler 4G di Papua saat penyelenggaraan ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengatakan akses komunikasi menjadi pilar penting dalam menyukseskan pesta olahraga nasional yang akan berlangsung pada 2–15 Oktober 2021 tersebut.

Seluruh lokasi yang dijadikan ajang kompetisi olahraga dan pendukungnya, kata dia, dipastikan memiliki akses komunikasi seluler 4G yang baik.

"Kita akan mengambil seluruh langkah untuk memastikan ketersediaan layanan telekomunikasi pada ajang olahraga ini," ujar Menteri Kominfo, dalam pernyataan tertulis yang diterima pada Jumat (25/6/2021).

Secara teknis, kata Johnny, dalam memberikan pelayanan telekomunikasi yang berkualitas, Kominfo telah membangun rute baru kabel fiber optik jaringan bawah laut yang terdapat di kedalaman 4.000 meter di sebelah utara Jayapura.

Hal tersebut dilakukan agar jaringan telekomunikasi yang dibangun dipastikan dapat memberikan akses seluler 4G ketika PON XX Papua berlangsung.

Kominfo, tuturnya, juga telah berkoordinasi secara intensif dengan operator seluler untuk menjaga jaringan telekomunikasi pada ajang olahraga tersebut tetap berkualitas selama berlangsungnya kompetisi. Dengan begitu, kapasitas dari trafik paket data jaringan telekomunikasi seluler 4G dapat digunakan secara optimal selama ajang olahraga tersebut berlangsung.

"Dijaga kualitasnya untuk mendukung telekomunikasi pada saat sebelum, selama, dan sesudah ajang olahraga di Papua sudah disiapkan betul," kata Johnny.

Sebagai cadangan telekomunikasi di sana, lanjutnya, pihaknya juga telah mempersiapkan infrastruktur jaringan telekomunikasi berkualitas melalui sambungan satelit yang dijadikan alternatif. Ini sebagai upaya menjaga jaringan telekomunikasi yang digelar selama ajang PON XX tetap berkualitas.

"Pemanfaatan satelit sebagai back up telekomunikasi pada ajang PON XX di Papua," tambahnya.

Melalui dukungandari jaringan telekomunikasi berkualitas, pesta PON XX dapat disaksikan melalui kanal, platform, ataupun aplikasi digital dimanapun berada. Sehingga, masyarakat dari berbagai daerah dapat menyaksikan setiap ajang kompetisi olahraga bergengsi tersebut melalui ruang digital dalam beberapa waktu ke depan.

"Infrastruktur digital dipakai untuk menyaksikan dan menyemarakkan ajang olahraga di Papua," tutur Menkominfo.

Sumber : Bisnis Indonesia