Filipina dan Thailand Tempel Ketat Indonesia di Klasemen Olimpiade

Kepala Pelatih Ganda Putri PP PBSI Eng Hian siap memeluk Apriyani Rahayu dan Greysia Polii usia memenangkan medali emas Olimpiade Tokyo 2020 - Antara
03 Agustus 2021 18:47 WIB Newswire Olahraga Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Posisi Indonesia di klasemen medali Olimpiade Tokyo pada Selasa (3/8/2021) masih yang terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Berdasarkan data dari laman Olympics.com, hingga pukul 14.50 WIB, Indonesia menduduki posisi ke-37 dengan perolehan satu emas, satu perak dan tiga perunggu. Kontingen merah putih berbagi tempat dengan Austria dan Serbia.

Sementara China masih berada di puncak daftar tersebut dengan perolehan 29 emas, 18 perak dan 16 perunggu. Mereka unggul dari Amerika Serikat dan Jepang yang menempati posisi kedua dan ketiga.

Indonesia unggul dibandingkan dengan negara di kawasan Asia Tenggara lainnya. Filipina menempati posisi ke-43 dengan perolehan satu emas dan satu perak sementara Thailand berada di posisi ke-52 karena baru memperoleh satu emas.

Malaysia berada di posisi ke-75 dengan perolehan satu perunggu. Negara lainnya seperti Vietnam dan Singapura belum memperoleh satu pun medali.

Kontingen Indonesia ditargetkan masuk ke 40 besar di klasemen akhir Olimpiade Tokyo. Kementerian Pemuda dan Olahraga menyatakan target tersebut cukup realistis berdasarkan sejumlah perhitungan.

Tiga medali pertama Indonesia dipersembahkan dari cabang angkat besi. Lifter belia Windy Cantika Aisah membuka keran medali dengan meraih medali perunggu kelas 49 kg putri. Eko Yuli Irawan menyusul dengan meraih perak kelas 61 kg putra dan Rahmat Erwin Abdullah menyumbangkan perunggu dari kelas 73 kg putra.

Indonesia memperoleh medali emas dari cabang bulu tangkis nomor ganda putri lewat Greysia / Apriyani pada Senin kemarin. Anthony Sinisuka Ginting di nomor tunggal putra menambah medali perunggu sehingga sempat mendongkrak posisi Indonesia ke peringkat 34 pada daftar perolehan medali Olimpiade Tokyo. Indonesia tak berpeluang menambah emas karena seluruh atlet telah bertanding.

Klasemen medali Olimpiade Tokyo 2020, Selasa (3/8) siang.

  1. NegaraGoldSilverBronzeTotal
    30191665
    22271766
    1861034
    1441533

Sumber : Bisnis Indonesia