Advertisement

Bolehkah Ikut Vaksinasi Dosis Kedua Setelah Positif Covid-19?

Anissa Putri
Rabu, 04 Agustus 2021 - 16:07 WIB
Budi Cahyana
Bolehkah Ikut Vaksinasi Dosis Kedua Setelah Positif Covid-19? Sentra Vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta di Terminal 2 dan Terminal 3 mulai dibuka hari ini, Sabtu (3/7/2021) - AP II

Advertisement

Bisnis.com, JAKARTA – Syarat utama menerima vaksin Covid-19 adalah dalam keadaan sehat dan sedang tidak terjangkit virus Covid-19.

Adanya program vaksinasi Covid-19 bertujuan agar seluruh masyarakat Indonesia dapat mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity.

Biasanya, pemberian vaksinasi akan diadakan dua kali dengan jangka waktu antar vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua selama 28 hari. Antibodi yang didapatkan setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19 baru akan didapatkan secara maksimal setelah mendapatkan dosis kedua.

Namun, bagi masyarakat yang mengalami gejala Covid-19 setelah vaksinasi dosis pertama, apakah bisa mendapatkan vaksinasi dosis kedua? Ataukah harus mengulang kembali dari awal untuk mendapatkan vaksinasi dosis pertama?

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Menurut informasi dari Indonesia Baik yang diunggah pada akun Twitter @IndonesiaBaikID, seseorang yang mengalami gejala Covid-19 setelah vaksinasi dosis pertama dapat mendapatkan dosis kedua vaksinasi dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Hal pertama yang harus dilakukan bagi masyarakat yang mengalami gejala Covid-19 setelah vaksinasi dosis pertama ialah melakukan isolasi sesuai penanganan kasus Covid-19 yang sedang dialami. Apabila terkonfirmasi memiliki gejala ringan, dapat melakukan isolasi mandiri atau sesuai dengan anjuran dokter atau tenaga kesehatan yang bertugas.

Bagi pasien gejala Covid-19 yang sedang melakukan isolasi, tidak boleh mendapatkan vaksinasi Covid-19 untuk menghindari penyebaran virus ke orang lain yang berada di lokasi pelaksanaan vaksinasi.

Setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19, seseorang yang ingin melakukan vaksinasi dosis kedua, vaksinasi dapat dilakukan dengan selang waktu tiga bulan setelah sembuh untuk mengeluarkan antibodi monoklonal keluar dari sistem tubuh. Jangka waktu tersebut juga berlaku bagi penyintas Covid-19 yang belum pernah vaksinasi dosis pertama.

Bagi masyarakat yang telah mendapatkan dosis pertama dan telah sembuh dari Covid-19, tidak perlu mengulang untuk mendapatkan vaksinasi dosis pertama. Pelaksanaan vaksinasi dapat dilakukan dengan mengunjungi puskesmas atau fasilitas layanan kesehatan yang membuka layanan vaksinasi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Dijamu BCS, Brajamusti & Maident Doa Bersama di Maguwoharjo, Jogja Sleman Bersaudara

Sepakbola
| Kamis, 06 Oktober 2022, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement