Dilantik Jadi Ketua Perbasi DIY, KPH Purbodiningrat Targetkan Tim Basket Lolos PON 2024

Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih (kanan) melantik KPH Purbodiningrat (tengah) sebagai Ketua Perbasi DIY, Jumat (10/9/2021). - Harian Jogja/Sunartono.
11 September 2021 09:57 WIB Sunartono Olahraga Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Purbodiningrat secara resmi dilantik sebagai Ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) DIY, Jumat (10/9/2021). Menantu Raja Ngayogyakarta Sri Sultan HB X ini menargetkan DIY mampu meloloskan tim basket untuk perhelatan PON 2024 mendatang.

Sebagaimana diketahui pada gelaran PON 2020 yang akan berlangsung di Papua, baik tim putra maupun putri DIY gagal mendapatkan tiket. "Meski pun DIY tidak mengirimkan tim Basket ke PON 2020 di Papua, namun banyak wakil DIY yang menjadi supporting system di perhelatan nasional tersebut," kata KPH Purbodiningrat kepada wartawan di sela-sela pelantikan.

Purbodiningrat yang terpilih sebagai Ketua Perbasi DIY bertekad agar tim basket DIY lolos pada kualifikasi PON 2024 yang event Pra-PON tersebut digelar sejak 2023 mendatang.

Baca juga: Migrasi TV Analog ke Digital di DIY Mulai Agustus 2022

Terakhir kali DIY mampu mengirimkan tim putri pada PON 2012 silam. Ia akan memaksimalkan pembinaan atlet agar pada PON 2024 DIY dapat kembali mengirimkan tim basket.

Jika pelaksanaan Pra PON pada 2023, menurutnya masih memiliki waktu setahun untuk membentuk tim yang lebih solid, maka ia optimistis dengan harapan tersebut. Menurutnya DIY memiliki modal besar dengan adanya Angelica Jenifer yang saat ini tergabung di Pelatnas Basket.

"Untuk Pra PON DIY sebenarnya punya potensi, kita punya atlet Pelatnas Angelica Jennifer. Ini menjadi modal besar bagi kami. Mungkin bisa fokus ke tim 3x3 dulu, karena kita sudah punya Angelica tinggal cari dua pemain terbaik lagi. Untuk tim 5x5 memang harus melakukan seleksi lebih panjang untuk mendapatkan atlet yang lebih solid," katanya.

Baca juga: Pengembangan Produk Jadi Solusi IKM di Masa Pandemi

Selain atlet untuk PON, lanjutnya, Perbasi DIY juga akan menyiapkan atlet agar bisa lolos di Pelatnas. Melalui upaya penyiapan tersebut harapannya semakin banyak atlet Basket DIY yang tidak hanya bersaing di level lokal, tetapi juga nasional bahkan internasional. "Seperti atlet pelatnas Basket Angelica Jennifer dari DIY yang saat ini sedang mengikuti kegiatan internasional di Hongaria," ujar pria yang juga anggota DPRD DIY ini.

Ketua KONI DIY Profesor Djko Pekik mengapresiasi target pengurus Perbasi DIY yang akan fokus pada penyiapan atlet untuk Pelatnas dan PON 2024. Keikutsertaan atlet DIY dalam pelatnas menjadi nilai positif tersendiri karena akan menjadi unggulan dalam pelaksanaan PON.

"Maka kami berharap DIY bisa mengirimkan tim Basket di PON 2024. Kami sudah sepakat dengan Kanjeng Purbo [KPH Purbodiningrat] untuk bisa meloloskan satu nomor minimal untuk berlaga di PON 2024 di Aceh dan Sumatra Utara. Menurut kami yang paling siap di tim 3x3 karena sudah punya Angelica," ucapnya.