Advertisement

Resmi Ditutup, PON XX Papua Disebut sebagai PON Tersulit

Aprianus Doni Tolok
Jum'at, 15 Oktober 2021 - 21:17 WIB
Budi Cahyana
Resmi Ditutup, PON XX Papua Disebut sebagai PON Tersulit Wapres Ma'ruf Amin menghadiri upacara penutupan PON XX Papua diStadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021). - Youtube PON XX Papua 2021

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengapresiasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang berjalan sukses dan lancar meski digelar di tengah pandemi Covid-19.

“Saya bangga dan terharu atas tekad dan dan dedikasi yang tinggi dari pemerintah dan masyarakat Papua yang bahu membahu menyiapkan dan menyelenggarakan PON kali ini,” kata Wapres dalam upacara Penutupan PON di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, dikutip dari YouTube PON XX Papua 2021, Jumat (15/10/2021).

Advertisement

Lebih lanjut, Wapres nenyampaikan beberapa catatan terkait penyelenggaraan PON yang pertama kali diselenggarakan di Tanah Papua ini.

Pertama, pembangunan infrastruktur olahraga yang sangat masif, dengan standar dan kualitas internasional.

Kedua, lokasi penyelenggaraan atau venue tersebar di Jayapura, Mimika dan Merauke dimana jarak antar-venue merupakan yang terjauh yang pernah ada dalam penyelenggaraan PON selama ini.

Ketiga, PON diselenggarakan ditengah kondisi pandemi Covid-19 sehingga menuntut kerja ekstra karena harus dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

"Bagi saya, ini merupakan PON tersulit yang bisa diselenggarakan. Tapi ternyata warga Papua bukan saja mampu, bahkan berhasil menyelenggarakan dengan sempurna. Ini sesuai dengan semboyan Torang Bisa!" ujar Wapres

Adapun PON XX Papua yang dimulai secara resmi pada 2 Oktober 2021, menghasilkan Jawa Barat sebagai juara umum PON XX dengan total raihan medali sebanyak 353 keping, terdiri dari 133 emas, 105 perak, dan 115 perunggu.

DKI Jakarta berada di posisi kedua dengan total raihan medai sebanyak 301 keping, terdiri dari 111 medali emas, 91 medali perak, dan 99 medali perunggu.

Lalu Jawa Timur dengan perolehan 287 medali dengan perincian 110 medali emas, 89 perak, dan 88 perunggu.

Tuan rumah PON, Papua berada di peringkat 4 klasemen terakhir dengan total perolehan medali 261 keping, terdiri dari 93 medali emas, 66 medali perak, dan 102 medali perunggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol

Sepakbola
| Kamis, 28 Maret 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement