Jonatan Christie: Kemenangan Thomas Cup 2020 Ini untuk Rakyat Indonesia

Atlet tunggal putra Indonesia Jonatan Christie berhasil mengalahkan pemain China Li Shi Feng pada final Thomas Cup 2020. Tim bulu tangkis Indonesia juara Thomas Cup 2020 setelah mengalahkan China dengan skor 3-0 - Badminton Talk
18 Oktober 2021 08:57 WIB Newswire Olahraga Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Piala Thomas atau Thomas Cup akhirnya pulang ke pangkuan Ibu Pertiwi setelah Tim Bulu Tangkis Indonesia berhasil mengalahkan China 3-0. Jonatan Christie mempersembahkan Piala Thomas untuk rakyat Indonesia.

Jonatan Christie, tunggal putra andalan squad Indonesia, berhasil menjadi penentu kemenangan Tim Merah Putih setelah mengalahkan pemain China Li Shi Feng lewat pertandingan rubber set yang alot, yaitu 21-14, 18-21, 21-14.

"Kemenangan ini kami persembahkan untuk seluruh rakyat Indonesia. Kami berhasil merebut kembali Piala Thomas untuk keluarga, pelatih, tim pendukung, pengurus PBSI dan para pecinta bulu tangkis Indonesia,” kata Jonatan seperti dilansir dari Antara, Senin (18/10/2021).

Indonesia keluar sebagai juara Piala Thomas setelah mengalahkan China 3-0 pada laga final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu malam (17/10/2021).

Para pemain yang turut menyumbang angka kemenangan untuk Indonesia malam itu, di antaranya tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, serta ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Bermain di partai ketiga, Jojo mengatakan dirinya bermain baik ketika melawan tunggal putra China Li Shi Feng.

Meski menang di gim pertama, permainan antara Jojo dan Li Shi Feng tidak mudah. Jojo sempat kalah pada set kedua.

“Di gim kedua saya sudah berusaha mengejar, namun sudah terlambat. Tapi di gim ketiga saya bangkit dan berjuang lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Kapten Tim Thomas Indonesia Hendra Setiawan secara khusus mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekannya yang telah berjuang hingga memboyong Piala Thomas.

“Terima kasih kepada pemain yang telah berjuang. Terima kasih kepada pelatih dan tim pendukung yang telah bekerja kompak hingga kita juara. Keberhasilan ini berkat kebersamaan dan kekompakan tim,” ungkap Hendra.

Lebih lanjut, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky menambahkan kemenangan Tim Indonesia merebut Piala Thomas bukan hanya hasil dari kerja keras seluruh pemain beserta tim pelatih, tetapi juga atas kuasa Tuhan.

“Yang pasti, pemain, pelatih, kita semua sudah berusaha keras dan bertanding penuh semangat. Tapi kemenangan ini juga karena kuasa Tuhan. Kalau Tuhan sudah berkehendak, tidak ada yang tidak mungkin,” pungkas Rionny.

Berikut hasil lengkap pertandingan babak final Piala Thomas Indonesia vs China (3-0).

Tunggal putra 1

Anthony Sinisuka Ginting vs Lu Guang Zu 18-21, 21-14, 21-16

Ganda putra 1

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs He Ji Ting/Zhou Hao Dong 21-12, 21-19

Tunggal putra 2

Jonatan Christie vs Li Shi Feng 21-14, 18-21, 21-14

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia