Advertisement

Rekor! Sepatu Michael Jordan di Awal Karir Terjual Rp21,28 Miliar

Andhika Anggoro Wening
Senin, 25 Oktober 2021 - 16:37 WIB
Sunartono
Rekor! Sepatu Michael Jordan di Awal Karir Terjual Rp21,28 Miliar Michael Jordan. - NBA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sepatu kets yang dikenakan oleh superstar NBA Michael Jordan pada awal kariernya terjual hampir 1,5 juta dolar AS atau sekitar Rp21,28 miliar, menjadi rekor dalam lelang untuk sepatu yang dikenakan dalam pertandingan, menurut perusahaan lelang Sotheby's.

Sepatu berwarna merah putih itu dikenakan oleh pemain ikonik tersebut pada pertandingan kelima musim rookie-nya bersama Chicago Bulls, dan merek Nike yang berafiliasi dengan Jordan dengan cepat menjadi populer di dalam maupun di luar lapangan.

Advertisement

"Sneaker paling berharga yang pernah ditawarkan di pelelangan -- Nike Air Ships yang dikenakan Michael Jordan pada musim reguler dari tahun 1984 -- baru saja terjual seharga 1.472.000 dolar AS dalam penjualan mewah kami di Las Vegas," kata rumah lelang itu dalam sebuah pernyataan di Twitter, Senin.

BACA JUGA : JCM Gelar 3x3 Basket In the Mall, Sedot Perhatian Pengunjung

Harga tersebut, dikutip dari AFP, dengan mudah mengalahkan rekor yang dipegang oleh sepasang Nike Air Jordans yang terjual dengan harga 615.000 dolar AS atau sekitar Rp8,7 miliar pada Agustus 2020 di rumah lelang Christie.

Sepasang sepatu Nike Air Yeezy 1 yang dikenakan oleh rapper Kanye West terjual seharga 1,8 juta dolar AS (sekitar Rp25,5 miliar) pada April, tiga kali lipat rekor sebelumnya untuk sepatu kets -- namun itu adalah penjualan pribadi.

Pasar sepatu olahraga langka melonjak. Rekor harga sepatu kets telah dipecahkan beberapa kali baru-baru ini karena apa yang dilihat sebagai ceruk pasar satu dekade lalu kini menarik minat masyarakat umum serta kolektor terkemuka.

Sepatu bertanda tangan yang dijual pada Minggu tersebut merupakan sepatu pertama sebelum ada Air Jordans, lini sepatu kets klasik yang dengan cepat berubah dari peralatan untuk bermain basket menjadi bagian dari fesyen streetware yang paling dicari di seluruh dunia.

Air Ship yang menjadi cikal bakal Air Jordan didesain oleh Peter Moore. Jordan memakai model Air Ship pada 1984 dan 1985, serta versi modifikasi pada 1986.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Francesco Acerbi Dikeluarkan dari Timas Italia Terkait Dugaan Rasis

Sepakbola
| Selasa, 19 Maret 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement