Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia 2021, BWF Kecewa

Ganda putra, Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon - Instagram Badminton Ina
10 Desember 2021 07:47 WIB Aliftya Amarilisya Olahraga Share :

Harianjogja.com, SOLO - Federasi Bulu Tangkis Dunia atau BWF kecewa dengan mundurnya Indonesia dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021.

Melalui laman resminya, BWF pun menyayangkan lantaran keputusan untuk mundur tersebut dilakukan usai drawing atau pengundian dilakukan.

Adapun Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil dengan alasan keamanan dan keselamatan timnas di tengah merebaknya penyebaran varian baru virus Covid-19 Omicron.

"Keputusan menarik diri tim bulu tangkis Indonesia dari Kejuaraan Dunia ini sudah disetujui oleh Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna," kata Alex, dikutip dari Tempo pada Kamis (9/12/2021).

Berikut pernyataan resmi BWF atas mundurnya Tim Bulu Tangkis Nasional Indonesia.

"Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengkonfirmasi penarikan sejumlah besar pemain Indonesia dari Kejuaraan Dunia TotalEnergies BWF 2021 mulai 12 Desember di Huelva, Spanyol.

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) membuat pengumuman pada Rabu pagi mengungkapkan keprihatinan terkait situasi Covid-19.

Sejumlah kecil pemain Indonesia tetap dalam undian.

BWF kecewa dengan keputusan PBSI dan menyayangkan penarikan itu dilakukan usai pengundian.

Namun, BWF dan Federasi Bulu Tangkis Spanyol sekarang fokus untuk memberikan Kejuaraan Dunia yang aman dan sukses sesuai dengan saran dan tindakan yang dilakukan oleh otoritas kesehatan lokal dan nasional, termasuk seperangkat protokol keselamatan yang komprehensif untuk semua pemain, ofisial tim, dan pemangku kepentingan utama.

BWF juga mengkonfirmasi bahwa juara bertahan peringkat 2 dunia tunggal putra Kento Momota telah mengundurkan diri karena cedera. Momota juga mengundurkan diri dari HSBC BWF World Tour Finals 2021 pekan lalu dengan masalah punggung dan telah kembali ke Jepang.

Unggulan ketujuh Malaysia Chan Peng Soon dan Goh Liu Ying pada hari Senin mengumumkan perpisahan mereka sebagai pasangan setelah 13 tahun, juga telah mengundurkan diri dari Kejuaraan Dunia.

Mayoritas pemain kini telah tiba dengan selamat di Huelva dan memasuki gelembung turnamen. Pertandingan babak pertama dimulai pukul 09.00 waktu setempat pada hari Minggu. Saat ini tidak ada rencana untuk melakukan pengundian ulang."

Sumber : JIBI/Bisnis.com