Akan Pimpin Perbakin DIY, Ini Kata Mantu Sultan HB X

KPH Purbodiningrat (kedua dari kanan) dan Ketua KONI DIY Djoko Pekik bersama sejumlah pengurus Perbakin DIY berfoto bersama di sela-sela Musprov, Minggu (02/01/2022). - Harian Jogja/Sunartono
02 Januari 2022 17:27 WIB Sunartono Olahraga Share :

Harianjogja.com,JOGJA--Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Purbodiningrat yang juga menantu Sri Sultan HB X dipastikan akan memimpin Pengda Perbakin DIY. KPH Purbodiningrat menjadi calon tunggal dalam Musyawarah Provinsi (Musprov) 2022 Perbakin DIY.

Ketua Pengda Perbakin DIY 2016-2021 Rahmat Prabowo berharap Ketua terpilih dapat meneruskan sejumlah prestasi, salah satunya satu medali emas yang diraih pada PON Papua. Saat itu DIY berhasil juara di nomor tembak reaksi meski hanya mengirimkan satu atlet.

"Secara langsung kami semua sepakat hari ini masa bakti selesai, harus ada regenerasi kepemimpinan agar Perbakin semakin maju, sehingga kami semua sepakat memilih satu calon tunggal [KPH Purbodiningrat]. Ketua terpilih harapannya bisa mempersiapkan untuk PON Aceh-Sumut," katanya di sela-sela Musprov, Minggu (02/01/2022).

KPH Purbodiningrat menyatakan siap mempertahankan dan akan meningkatkan peroleh prestasi atlet menembak DIY. Melalui tembak reaksi cepat, ia optimistis ke depan dapat menambah medali dalam beberapa ajang menembak nasional, salah satunya PON mendatang. Ia berjanji akan menumbuhkan daya tarik olahraha menembak di kalangan masyarakat.

"PR kami adalah menumbuhkan daya tarik olahraga menembak bagi masyarakay DIY terutama kalangan muda. Karena anak muda ini lebih mudah konsentrasi dalam menembak," ucap suamu GKR Maduretno ini.

Purbodiningarat secara aktif ikut berlatih menembak sejak lima tahun terakhir menggunakan senjata laras pendek. Karena ada dinamika organisasi kemudian diminta untuk ikut terlibat mengurusi Perbakin.

"Saya sudah lima tahun terakhir ikut. [Pakai senjata] Laras pendek, self defence, sekadar hobi dari dulu dan kemudian ada dinamika di organiasi di Perbakin saya diminta untuk terlibat di dalam di Kepengurusan 2022," ucapnya.

Ia mengaku melakukan kegiatan menembak dua pekan sekali jika ada waktu luang. "Enggak terlalu sering mungkin dua pekan sekali atau sebulan beberapa kali, karena pelurunya awis [mahal]. Untuk sejatanya kebetulan belum mengoleksi," katanya.

Ketua Koni DIY Profesor Djoko Pekik berharap pengurus baru Perbakin bisa melahirkan banyak atlet sehingga lebih siap dalam menyongsong PON Aceh-Sumut. Sehingga bisa menambah beberapa nomor pertandingan.

"Harapannya ada dukungan seperti fasilitas untuk latihan. Hasil pembicaraan paling tidak ada dua lokasi yang bisa menjadi tempat pembinaan atlet Perbakin seperti di TNI AU dan Sleman," ujarnya.