Advertisement

Terus Bertambah, Jumlah Pemain Esport di Indonesia Capai 52 Juta

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 06 Januari 2022 - 09:17 WIB
Budi Cahyana
Terus Bertambah, Jumlah Pemain Esport di Indonesia Capai 52 Juta Suasana babak Grand Final Piala Presiden Esports 2019 yang berlangsung di Istora Senayan pada Minggu (31/3/2019). - Bisnis/Rahmad Fauzan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Vero, agen komunikasi di Asia Tenggara, menyebut jumlah penduduk Indonesia yang terlibat dalam olahraga elektronik (esport) pada 2021 mencapai 52 juta. 

Hasil riset yang dirilis Vero bekerjasama dengan Decision Lab juga menjabarkan beberapa hal mengenai brand esport paling populer di Indonesia. 

Strategic Planning Director Vero Sasha Alwani mengatakan tujuan dikeluarkannya riset ini adalah untuk menelaah secara mendalam karakteristik dan perilaku para pemain dan penggemar esports Indonesia. 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Dengan mengetahui perilaku, pemangku kepentingan dapat belajar dan membuat keputusan yang lebih tepat tentang bagaimana mereka dapat terlibat dalam ranah esport yang sedang booming di Indonesia. 

“Lebih dari 52 juta penduduk Indonesia saat ini memainkan gim esports,” kata Sasha dalam siaran pers, Rabu (5/1/2022). 

Selain dikenal sebagai olahraga elektronik, esport biasanya juga digelar dalam bentuk kompetisi untuk merebutkan sejumlah uang dengan nilai besar. 

Esport berbeda dengan gaming. Para pemain esport memiliki tujuan berkompetisi dan memenangi hadiah. Sebaliknya, pemain gaming hanya sekadar rekreasi atau untuk hiburan. 

Sasha menambahkan dengan melihat jumlah pengguna yang besar, memberikan peluang bagi Key Opinion Leader (KOL) untuk membangun dan mengembangkan keunikan kepribadian mereka serta konten yang menjangkau audiens. 

Kemudian untuk brand atau merek, esport secara efisien merupakan saluran komunikasi baru. Besarnya potensi esport di Indonesia merupakan peluang besar bagi brand dan entitas bisnis untuk menciptakan sinergi yang dapat mendukung merek dalam berkomunikasi dengan target konsumen. 

Advertisement

“Sehingga dapat meraih pangsa pasar yang lebih luas bagi perkembangan bisnis mereka,” kata Sasha. 

Hasil riset yang dilakukan terhadap 470 orang Indonesia berusia 16-41 tahun dengan 3 kategori responden, yakni gamer, watcher dan streamer, juga menunjukkan beberapa hal, antara lain: 

Demografi

Advertisement

Secara umum, komunitas Esports di Indonesia sebagian besar berada di ibu kota Jakarta, diikuti oleh Surabaya dan Medan, dengan kelompok usia 26-37 tahun. Sementara dari aspek distribusi gender, esport di Indonesia masih didominasi oleh pria yakni sebesar 53 persen, sementara wanita sebesar 47 persen.

Semua responden dari kategori yang berbeda setuju bahwa genre esport paling diminati adalah Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Watcher/streamer lebih menikmati gim strategi kehidupan nyata. 

Mobile Legend dan PUBG mendominasi kategori sebagai permainan yang paling banyak dimainkan, ditonton, dan dijadikan streaming. 

Brand esport yang paling populer di Indonesia adalah GameLoft untuk kategori pengembang gim ternama dengan persentase sebesar 78 persen. DuniaGames sebagai platform berita gim terpopuler dengan prosentase sebanyak 72 persen, serta Youtube Gaming untuk kategori platform streaming (84%) dan watching (91%) paling banyak digunakan. 

Advertisement

Adapun dalam hal selebriti esport, responden dari semua kategori setuju bahwa EVOS Esports adalah pemain atau tim paling terkenal di kalangan komunitas, disusul  RRQ di peringkat-2, sementara Jess No Limit memegang gelar sebagai streamer yang paling banyak ditonton.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Gelandang Asing Persebaya, Higor Vidal Berharap Diturunkan Lawan Arema FC

Sepakbola
| Senin, 26 September 2022, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement