Advertisement

Tes Pramusim MotoGP Mandalika Dihentikan Sementara

Akbar Evandio
Jum'at, 11 Februari 2022 - 13:37 WIB
Galih Eko Kurniawan
Tes Pramusim MotoGP Mandalika Dihentikan Sementara Modular Pit Building yang dibangun di arena Pertamina Mandalika Street Circuit - Dok. PT Wika Gedung Tbk.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pembukaan tes pramusim MotoGP Mandalika 2022, di Nusa Tenggara Barat (NTB) resmi dihentikan untuk sementara waktu lantaran kondisi cuaca yang tidak bersahabat.

Dikutip melalui akun twitter resmi @motoGP, tes MotoGP Mandalika dihentikan sementara pada sesi pagi hari, Jumat (11/2), setelah kondisi trek Sirkuit Mandalika kotor dan basah karena hujan sehingga mengganggu jalannya tes MotoGP Mandalika.

Kondisi Sirkuit Mandalika yang kotor terjadi karena hujan yang turun sepanjang malam di wilayah sekitar sirkuit.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

"Red flag. Sesi tes telah dihentikan [sementara] karena sirkuit sedang dibersihkan. Hujan sepanjang malam membuat sirkuit cukup kotor!," tulis MotoGP, dikutip melalui akun twitter @motoGP, Jumat (11/2/2022).

Untuk diketahui, sesi pagi tes MotoGP Mandalika sudah berjalan lebih dari satu jam. Adapun, red flag dikeluarkan pada hari pertama sehingga tes MotoGP Mandalika menyisakan 6 jam 36 menit dan 13 detik.

Pembalap Suzuki Alex Rins menjadi pembalap pertama yang turun ke Sirkuit Mandalika saat tes MotoGP Mandalika dimulai. Rins mencetak sejarah sebagai pembalap pertama MotoGP yang mengapsal di Indonesia sejak 1997.

Setelah sempat diguyur hujan di pagi hari, tes MotoGP Mandalika akhirnya dimulai pukul 09:00 WITA setelah hujan berhenti. Rins menjadi pembalap pertama yang masuk dan mengaspal di Sirkuit Mandalika.

Untuk diketahui, tim dan pembalap MotoGP memiliki kesempatan untuk mempelajari sirkuit baru dalam persiapan untuk balapan pada akhir pekan 18—20 Maret 2022 sebagai grand prix sepeda motor di Indonesia, setelah 1997.

Advertisement

Pengujian di Mandalika berlangsung dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore, dilanjutkan dengan latihan dimulai dengan mesin-mesin motor kelas premium yang terdengar meraung-raung dari arah pitlane.

Tes pramusim di Mandalika ini akan berlangsung tiga, yakni 11-13 Februari. Setiap harinya, sesi tes akan berlangsung selama delapan jam. Dengan satu kali sesi istirahat makan siang.

Adapun, hasil tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika hari pertama sesi 1 baru saja rampung, Jumat (11/2/2022). Dua calon kuat juara MotoGP 2022, Marc Marquez (Repsol Honda) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) terlihat belum menunjukan taringnya.

Advertisement

Hal ini dikarenakan, Marc Marquez hanya menduduki posisi sembilan dan terpaut 1,987 detik dari pembalap teratas. Sementara itu, Fabio Quartararo sedikit lebih baik dengan menempati posisi ketujuh dan terpaut 1,45 detik dari pebalap teratas.

Namun, pebalap tercepat dalam tes kali ini diraih oleh tim Pramac Ducati, Johann Zarco yang mencatatkan waktu 1 menit dan 44,830 detik. Mengekor di posisi dua ada rider pabrikan Ducati, Jack Miller dengan catatan waktu 1 menit 44,848 detik

Pembalap andalan Tim Red Bull KTM, Brad Binder, melengkapi posisi tiga besar dengan perolehan waktu terpaut 0,395 detik dari pebalab teratas sehingga dapat dikatakan posisi lima besar dikuasai rider Ducati dan KTM Red Bull.

Penyebabnya, posisi empat ditempati Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) terpaut 0,431 detik dari pebalab teratas, sedangkan Miguel Oliveira (KTM) menduduki posisi lima dengan catatan waktu 1 menit 45,445 detik.

Advertisement

Sekadar informasi, tes pramusim menjadi bagian krusial bagi tim-tim MotoGP sebelum menentukan mesin yang bakal dipakai untuk bertarung mengarungi musim balap 2022.

Sesuai peraturan, MotoGP memberlakukan pembekuan mesin atau engine freeze selama satu musim balapan. Jadi dari beberapa spesifikasi mesin yang dijajal, akan dipilih satu yang dirasa terbaik. Kemudian mesin-mesin itu akan disegel. Dan baru dibuka jika akan digunakan. Tentu saja harus dengan sepengetahuan MotoGP.

Untuk satu musim, masing-masing pembalap diperbolehkan memiliki cadangan tujuh mesin. Untuk tim yang memiliki hak konsesi, yakni Aprilia, diperbolehkan menggantai sampai sembilan kali.

Advertisement

Dengan pertimbangan itu pula, tim-tim akan memaksimalkan waktu tes pramusim yang hanya lima hari. Yakni, dua hari di Sepang, Malaysia dan tiga hari di Mandalika.

Hasil tes pramusim Moto GP Mandalika:

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Nyalakan Lilin di SSA, Suporter dan Bupati Bantul Doakan Korban Tragedi Kanjuruhan

Sepakbola
| Senin, 03 Oktober 2022, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement