Advertisement

Kenapa Yamaha dan Suzuki Diprediksi Unggul di MotoGP Mandalika?

Akbar Evandio
Sabtu, 12 Februari 2022 - 16:37 WIB
Galih Eko Kurniawan
Kenapa Yamaha dan Suzuki Diprediksi Unggul di MotoGP Mandalika? Sirkuit Mandalika - Youtube

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Mantan Pebalap sekaligus Reporter MotoGP Simon Crafar menilai tim Yamaha dan tim Suzuki akan lebih diunggulkan dari sirkuit Pertamina Grand Prix of Indonesia, di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dikutip melalui laman resmi MotoGP, reporter MotoGP yang tentunya hilir mudik di paddock ini mengatakan, sebab kedua tim tersebut memiliki keunggulan untuk mengantisipasi sirkuit yang penuh dengan tikungan.

Advertisement

"Pertama jelas tim Yamaha dan kedua ada tim Suzuki yang juga sama-sama punya karakter cepat di tikungan," katanya, dikutip melalui Youtube MotoGP, Jumat (11/2/2022).

Simon melanjutkan, Mandalika memiliki treknya hanya punya dua jalur lurus saja, yakni di depan paddock menuju tikungan 1 dan sebelum tikungan 10.

“Hanya ada dua titik pengereman keras yaitu pada tikungan pertama dan tikungan kesepuluh, tetapi ini [Mandalika] adalah sirkuit yang sangat mengalir,” ujarnya.

Simon melanjutkan, beberapa tikungan tajam juga diharapkan turut disiapkan oleh setiap pebalap dalam mengambil strategi yang tepat untuk menanganinya.

“Sirkuit ini menawarkan banyak tikungan yang memaksa pengendara untuk mengerem keras pada sudut kemiringan yang besar, atau membuka gas dengan keras pada sudut kemiringan yang besar. Hal ini dapat mengakibatkan beberapa tabrakan front-end dan pasti akan menghasilkan beberapa drift on-throttle,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia juga menyebutkan penonton akan melihat para pembalap akan memperebutkan posisi di tikungan ketimbang di jalur lurus.

Sementara itu, dia melanjutkan keindahan yang ditawarkan Sirkuit Mandalika tampaknya akan membuat banyak orang terpukau, khususnya para pebalab, sebab menawarkan pemandangan yang sangat berbeda dari lokasi-lokasi lainnya.

"Saya suka dengan layoutnya dan saya rasa mayoritas pembalap MotoGP akan suka dengan Sirkuit Mandalika," katanya.

Bahkan Simon Crafar juga menganggap kalau Sirkuit Mandalika jadi salah satu lokasi dengan pemadangan alam terbaik dibandingkan trek-trek lainnya.

"Saya rasa sirkuit tersebut punya keindahan alam, seperti bukit, hutan dan laut yang terbaik dari lokasi lainnya," katanya.

Simon menyimpulkan, sirkuit yang berlokasi di NTB ini bakal menawarkan tantangan tersendiri bagi para pebalap MotoGP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil Cagliari vs Juventus Liga Italia: Skor 2-2, Si Nyonya Tua Sempat Tertinggal 2 Gol Hingga Jelang Akhir Babak Kedua

Sepakbola
| Sabtu, 20 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement