Advertisement

Ini Detail 6 Sponsor Indonesia di Motor Bastianini, Juara MotoGP Qatar 2022

Aziz Rahardyan
Senin, 07 Maret 2022 - 13:27 WIB
Galih Eko Kurniawan
Ini Detail 6 Sponsor Indonesia di Motor Bastianini, Juara MotoGP Qatar 2022 Menparekraf Sandiaga Uno menjajal motor Ducati milik Gresini Racing MotoGP. - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Enea Bastianini, pembalap Gresini Racing MotoGP (Ducati) berhasil merebut juara MotoGP Qatar 2022 sekaligus membawa kebanggaan bagi berbagai sponsor asal Tanah Air yang menempel padanya.

Rider asal Italia ini memulai balapan dari posisi kedua dan sempat tertinggal dari duo pembalap Repsol Honda Team (Honda), Pol Espargaro dan Marc Marquez, serta pembalap utama Red Bull KTM Factory Racing (KTM), Brad Binder.

Advertisement

Berbekal kombinasi ban lunak di bagian depan dan medium di belakang (soft-medium) untuk mengarungi Sirkuit Losail, Bastianini tampaknya memilih strategi manajemen ban terlebih dahulu sampai setidaknya pertengahan pertandingan.

Setelah menemukan waktu yang tepat untuk menggeber motor secara maksimal jelang lap akhir, Bastianini akhirnya berhasil menyalip Pol Espargaro yang sejak awal memimpin balapan.

Hal ini terutama karena Bastianini mampu memanfaatkan situasi sulit Pol yang mulai kerap kehilangan kendali di beberapa bagian sirkuit, karena berkurangnya cengkraman ban lunak depan-belakang (soft-soft) yang menjadi pilihan Pol untuk mengarungi balapan perdana MotoGP musim 2022 ini.

Tahukah kamu? Bastianini merupakan pembalap MotoGP musim ini yang paling banyak bermitra dengan sponsor asal Indonesia ketimbang pembalap lain. Setidaknya ada 6 brand Tanah Air yang menempel pada rider berusia 24 tahun ini.

Pertama, Bastianini disponsori KYT Helmet, merek pelindung kepala asal Tanah Air ini pun terpampang di sisi kanan wearpack atau baju balap Bastianini. Sekadar informasi, KYT sempat berinvestasi ke Suomy dan dianggap menyelamatkan brand helm pembalap asal Italia tersebut pada 2014, di mana brand ini telah malang-melintang dipakai sebagian rider MotoGP termasuk Bastianini.

Apabila melihat sisi depan livery motor Bastianini, tampak stiker mencolok berwarna kuning dengan tulisan Antangin. Terpampang pula stiker dari Bold Riders, komunitas sepeda motor besutan salah satu pabrik rokok terbesar Indonesia, yang sudah lama bermitra dengan tim Gresini.

Selain itu, apabila dicermati di sekitar winglet motor Bastianini, tampak logo Wonderful Indonesia, hasil kerja sama Tim Gresini dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai bagian mempromosikan pariwisata Tanah Air di ajang MotoGP Mandalika.

Adapun, melihat livery bagian samping motor Bastianini, terpampang stiker Aspira yang merupakan brand suku cadang otomotif besutan PT Astra Otoparts Tbk. (AUTO), bagian ekosistem Grup Astra (ASII).

Tampak pula brand Federal Oil (PT Federal Karyatama) yang lahir dari emiten PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), sebelum akhirnya dilepas ke Esso Petroleum Company Limited dan ExxonMobil UK Limited pada 2018. Namun demikian, MPM Group sampai saat ini tetap menjadi mitra bisnis utama Federal Oil, terutama dalam hal distribusi, penjualan, dan pemasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol

Sepakbola
| Kamis, 28 Maret 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement