Advertisement

Sosok Rara, Pawang Hujan di MotoGP Mandalika

Jumali
Minggu, 20 Maret 2022 - 15:28 WIB
Jumali
Sosok Rara, Pawang Hujan di MotoGP Mandalika Rara Istiati Wulandari

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO — Demi kelancaran jalannya ajang balap MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, NTB, pihak penyelenggara memutuskan untuk turut melibatkan pawang hujan. Diketahui, sosok yang menjaga kondisi cuaca tersebut bernama Rara Istiati Wulandari atau lebih akrab dipanggil Mbak Rara.

Dilansir dari bebagai sumber, Minggu (20/3/2022), event MotoGP ini sendiri bukanlah acara besar pertama di mana ia didapuk menjadi agen penolak sekaligus pemanggil hujan. Sebelumnya, perempuan kelahiran Oktober 1983 itu sudah sering dimintai tolong sebagai pawang hujan dalam berbagai acara kenegaraan, mulai dari acara vaksinasi masal, kampanye Presiden Jokowi, hingga upacara pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang lalu."Event-event yang pernah saya handle itu terdekat kemarin Liga 1 dan Liga 2 di Jakarta. Event vaksin, sentra vaksin bersama BUMN di 5 kota, saya di Jakarta tapi handle kota-kota lain, hingga opening Asian Games 2018," kata Rara.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents


Dalam menjalankan tugasnya, Rara pun akan memulai ritual doa sejak pagi hari dan meletakkan beberapa sesajen di sejumlah lokasi sirkuit Mandalika.
"Ada beberapa saya taruh sesajen seperti di bawah race control ini tepat di area masuk pitlane terus sama diujung sana dekat pintu keluar pitlane dan ada lagi di beberapa titik lain," katanya.
Koordinator Sirkuit Mandalika dari MGPA, Denny Pribadi, lalu mengungkap bahwa setelah selesai digunakan, sesajen tersebut lantas dibagikan ke orang-orang.
"Kalau sudah selesai sesajennya itu dibagi-bagi. Kan ada buah-buahan. Mbaknya itu sangat humble. Bekasnya sesajen itu ternyata tidak apa-apa, padahal kalau orang awam itu takut, bekasnya sesajen itu bakal sakit perut atau hal lainnya," kata Denny.
Lepas dari itu, Rara sendiri sudah bergabung dengan tim pawang hujan MotoGP sejak tes pramusim kemarin. Akan tetapi, ia baru mulai bertugas pada 1 Maret 2022 lalu lewat jarak jauh.
"Jadi pawang hujan itu walaupun saya di Jakarta asal ada foto dan tujuan [bisa mengatur cuaca di kawasan lain]," ucapnya. Dirinya kemudian diminta menghentikan hujan saat pengaspalan 6-8 Maret 2022, serta mendatangkan hujan pada 9-11 Maret 2022 guna mendinginkan lintasan yang baru diaspal ulang.
Aksi Rara itu tak pelak menarik perhatian tim Dorna Sport. Mereka takjub akan cara Rara yang bisa memodifikasi cuaca dalam ajang balapan.
"Saya tidak mengerti bagaimana itu [memodifikasi hujan] bisa terjadi, tapi di Eropa dan negara lain selama saya memimpin balapan di sana saya tidak pernah menemui itu, jadi mungkin ini eksklusif hanya ada di Indonesia dan saya senang akan hal itu," ucap Loris Capirossi, Race Director MotoGP.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Spanyol Tersingkir, Luis Enriuqe Enggan Bicara Masa Depannya

Sepakbola
| Rabu, 07 Desember 2022, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Menyantap Kuliner Khas Sambil Menjelajahi Wisata Alam di Curug Gedhe Gunungkidul

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 05:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement