Advertisement

PIALA THOMAS 2022: Jojo Kalah, India Rebut Gelar Juara dari Indonesia

Andhika Anggoro Wening
Minggu, 15 Mei 2022 - 16:57 WIB
Arief Junianto
PIALA THOMAS 2022: Jojo Kalah, India Rebut Gelar Juara dari Indonesia Jonatan Christie / Instagram : Badminton.ina

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Indonesia harus melepas Piala Thomas ke India setelah kalah 0-3 di partai final. Bermain di Impact Arena Bangkok, Thailand, Minggu (15/5/2022) siang, kemenangan India ditentukan Srikanth Kidambi yang mengalahkan Jonatan Christie.

Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie yang menjadi tunggal kedua Indonesia sekaligus penentu karena sudah tertinggal 0-2 dari India melawan Srikanth Kidambi kalah 15-21 dan 21-23 dalam waktu 48 menit.

Advertisement

Di game pertama, Jojo sempat tertinggal 2-8 di awal pertandingan dari Srikanth tetapi bisa kembali menyamakan poin 8-8 dan 9-9 sebelum kembali tertinggal 9-11.

Setelah interval, Jojo kembali bisa menyamakan poin 15-15 tetapi Srikanth bisa kembali menjauh 19-15 lewat setengah smes ke kanan Jojo.

Srikanth akhirnya bisa menutup set pertama dengan skor 21-15 setelah netting Jojo menyangkut di net. Jojo harus bisa memenangkan pertandingan ini untuk memperpanjang nafas Indonesia yang sudah tertinggal 0-2 dari India.

Masuk di set kedua, Jojo mencoba mengatur serangan dan bisa memimpin 5-3 atas Srikanth. Tetapi Srikanth tidak ingin menyerah begitu saja. Smes kerasnya ke arah badan Jojo membuat kedudukan jadi 5-5. Smes keras ke arah kanan Jojo membuat Srikanth memimpin 11-8.

Tanpa mengenal lelah, Jojo berbalik memimpin 16-13 setelah dropshot tajamnya tidak bisa dikembalikan Srikanth. Keadaan semakin menegangkan setelah skor menjadi 20-20 setelah Srikanth menyamakan kedudukan.

Srikanth akhirnya bisa mengalahkan Jojo dengan skor 23-21 sekaligus membuat India merebut Piala Thomas untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Sebelum Indonesia dipastikan kalah, Tim Merah Putih Indonesia sebelumnya sudah tertinggal 0-2 atas India di final Piala Thomas 2022, setelah Kevin/Ahsan kalah.

Advertisement

Poin kedua India disumbangkan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty seusai menekuk Kevin Sanjaya/Mohammad Ahsan. Kevin/Ahsan kalah atas Satwiksairaj/Chirag dengan skor 21-18, 21-23, dan 21-19 dalam tempo 1 jam 19 menit.

Advertisement

Jalannya set pertama, kedua pasangan ini saling kejar mengejar angka. Belum ada rally panjang, bahkan Kevin/Ahsan memimpin 11-9 dalam waktu enam menit.

Selepas interval, Kevin/Ahsan melaju dalam perolehan poin 16-10 dan tidak membiarkan ganda India mengembangkan permainan.

Unggul jauh membuat Kevin/Ahsan mengendurkan serangan yang membuat ganda India berhasil mengejar ketertinggalan dari 12-18 menjadi 16-18.

Kevin/Ahsan akhirnya bisa menutup set pertama 21-18 setelah pengembalian Kevin masuk di belakang pertahanan India.

Advertisement

Masuk di set kedua, ganda India yang mendapat masukkan dari pelatih Matthias Boe memimpin perolehan poin 4-2 atas Kevin/Ahsan.

Satwiksairaj/Chirag semakin nyaman bermain hingga memimpin 9-5 setelah bola Ahsan menyangkut di net. Selepas interval, Kevin-Ahsan mencoba mengejar ketertinggalan hingga kedudukan sama 13-13 setelah sempat tertinggal 5-11.

Lewat perjuangan dan kerja keras, Satwiksairaj/Chirag akhirnya bisa mengalahkan Kevin/Ahsan di set kedua dengan skor 23-21.

Advertisement

Pertandingan di set ketiga semakin menegangkan untuk kubu Indonesia setelah Kevin-Ahsan tertinggal 6-4 dan 6-9 dari Satwiksairaj/Chirag.

Selepas interval, Kevin-Ahsan malah berbalik memimpin 16-14 sebelum disamakan kembali 16-16, 17-17 oleh Satwiksairaj/Chirag. Satwiksairaj/Chirag akhirnya bisa mengalahkan Kevin-Ahsan 21-19 sekaligus membuat India unggul 2-0. sekaligus membuat Indonesia menyamakan kedudukan 1-1 atas India.

Sebelumnya Indonesia vs India, sempat tertinggal 0-1 setelah tunggal putra Lakhsya Sen menumbangkan Anthony Sinisuka Ginting.

Advertisement

Ginting dikalahkan tunggal pertama India, Lakshya Sen, dalam pertandingan tiga game 21-8, 17-21, dan 16-21 dalam tempo 1 jam 5 menit.

Formasi Terbaik

Sebagai juara bertahan, Indonesia sebagai juara bertahan di pertandingn ini menurunkan formasi pemain terbaiknya. Sebanyak tiga tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting (peringkat V), Jonatan Christie (peringkat ke-8), dan Shesar Hiren Rhustavito (peringkat ke-24) tetap jadi andalan.

Advertisement

Di nomor ganda putra, Mohammad Ahsan kembali berpasangan dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo (peringkat I) tetap turun jadi ganda pertama dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (peringakt ke-8) menjadi ganda kedua.

Sementara itu India memainkan tiga tunggal putra terbaiknya, Lakshya Sen (peringkat ke-9), Kidambi Srikanth (peringkat ke-11), Prannoy HS (peringkat ke-23). Namun, di sektor ganda ada perubahan pada ganda kedua yang menemani Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (peringkat ke-7).

Susunan pemain final Piala Thomas 2022, Indonesia vs India:

1. Tunggal putra: Anthony Sinisuka Ginting vs Lakshya Sen.

2. Ganda putra: Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

3. Tunggal putra: Jonatan Christie vs Kidambi Srikanth.

4. Ganda putra: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs MR Arjun/Dhruv Kapila

5. Tunggal putra: Shesar Hiren Rhustavito vs Prannoy HS.

Sebelumnya Korea Selatan menjadi juara dengan mengalahkan China 3-2 di partai final.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Tiba di Malang Hari Ini, Striker Asing Arema FC Berpeluang Tampil di 8 Besar

Sepakbola
| Rabu, 29 Juni 2022, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Nawang Jagad, Camping Ground yang Tawarkan Pemandangan Merapi, Turgo dan Plawangan

Wisata
| Rabu, 29 Juni 2022, 17:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement