Advertisement

Tumbangkan Ganda Putri Peringkat 9 Dunia, Febby/Ribka Lolos ke 16 Besar

Akbar Evandio
Selasa, 07 Juni 2022 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Tumbangkan Ganda Putri Peringkat 9 Dunia, Febby/Ribka Lolos ke 16 Besar Ganda putri Indonesia, Feby Valencia/Ribka Sugiarto, di babak 32 besar Indonesia Masters 2022. - JIBI/Bisnis.com/Lukman Nur Hakim

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Ganda putri Febby Valencia Dwijayanti/Ribka Sugiarto mengaku bermain nyaman saat menjamu Ganda asal Bulgaria Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva di ajang turnamen badminton Daihatsu Indonesia Masters 2022 yang digelar di Istora Senayan, Selasa (7/6/2022).

“Kami bermain nyaman karena bisa main dengan pola kami sehingga bisa kasih yang terbaik, tetapi evaluasi kami adalah agar lebih kompak dan komunikasi di lapangan harus lebih intens ini yang ingin lebih kami tingkatkan lagi,” tuturnya, Selasa.

Advertisement

BACA JUGA: Jakarta Sukses Gelar Formula E, Kemenpar Ingin Hadirkan F1 di Indonesia di Kepulauan Riau

Dari hasil pertandingan tersebut, Febby/Ribka berhasil menang atas Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva dalam tiga gim dengan skor 18-21, 21-12, dan 21-14.

Febby mengaku paling nyaman dengan gim ketiga, sebab keduanya dapat melancarkan serangan-serangan yang efektif untuk memperoleh poin. “Saya paling nyaman gim ketiga karena musuh sudah tertekan lewat pola permainan kami. Jadi, kami lebih nyaman untuk tampil maksimal,” ujarnya.

Sementara itu, Ribka menyampaikan bahwa sebelum pertandingan keduanya mempelajari pola pertandingan lawan melalui tayangan video.

“Kami sebelumnya juga mempelajari permainan mereka, nonton video mereka juga karena kan bola mereka sering memanjang. Jadi kami antisipasi itu dan cari strategi untuk melawan,” katanya.

Ribka mengaku selain sulit mengantisipasi bola-bola memanjang lawan, kondisi lapangan yang berangin juga perlu untuk ditaklukkan. “Kami [di pertandingan] besok harus fokus poin satu demi satu untuk mengantisipasi lawan dan angin itu,” katanya.

Dalam pertandingan itu, kedua ganda saling membuka inisiatif serangan pada gim pertama. Namun Febby/Ribka berhasil superior sampai poin ke-11.

BACA JUGA: Jokowi Sebut Formula E Tontonan Masa Depan

Memasukin poin 11, ganda asal Bulgaria berhasil mengejar dan membuat skor sama kuat. Setelah berhasil mengejar angka, kedua ganda saling kejar mengejar angka.

Sayangnya, Febby dan Ribka harus mengakui keunggulan Stoeva bersaudara dengan skor 21-18. Memulai kembali set kedua, keduanya masih terus kejar kejaran angka.

Titik balik datang bagi ganda Indonesia yang berhasil mengambil alih di gim kedua ini dan membuat skor sementara menjadi 11-6. Tak mau mengulangi kesalahan yang sama seperti gim pertam, Febby/Ribka benar benar memegang jalannya gim kedua.

Hasilnya mereka berhasil memenangkan gim kedua dengan skor 21-12 dan membuat pertandingan dilanjutkan ke gim ketiga. Di gim ketiga, Febby/Ribka tidak ingin kehilangan momentum yang terlihat melalui serangan smash yang bertubi-tubi dilancarkan oleh Ribka sehingga meraih dua poin pertama.

Bahkan, poin 4-1 juga dicetak Ribka melalui drop shot manis setelah melakukan smash keras sehingga membuat lawan beberapa kali terjungkal. Tidak hanya itu, ragam serangan Febby membuat pasangan ini memperlebar jarak dari Gabriela/Stefani melalui drop shot dan smash kencang hingga poin menjadi 8-5.

Febby/Ribka pun meraih interval pertama melalui pukulan yang melebar setelah dilepas oleh Stefani sehingga kedudukan menjadi 11-8. Interval kedua dimulai dengan smash yang menghantam pojok lapangan sehingga poin menjadi 12-8.

Melalui sejumlah pukulan-pukulan memojok dari keduanya makin memperlebar jarak menjadi 17-10. Gabriela/Stefani pun kehilangan banyak poin di momen-momen kritis sehingga Ribka/Febby berhasil memenangkan gim ketiga dengan skor 21-14.

Dengan hasil ini Febby dan Ribka dipastikan lolos ke babak 16 besar. Keduanya akan menghadapi sesama pasangan Indonesia, Melani Mamahit/Tryola Nadia.

Ribka pun mengatakan bahwa keduanya tidak memiliki target tertentu di Indonesia Master 2022, tetapi mereka menegaskan untuk mencoba tampil maksimal di setiap pertandingan. “Jadi, saat ini kami tidak memikirkan menang kalah karena sering berlatih bersama sehingga lebih mengatur pola latihan dan pola makan untuk pertandingan selanjutnya,” kata Ribka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol

Sepakbola
| Kamis, 28 Maret 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement