Advertisement

Atasi Wyndham, Kepercayaan Diri Timnas Basket Indonesia Meningkat

Jumali
Senin, 13 Juni 2022 - 04:17 WIB
Jumali
Atasi Wyndham, Kepercayaan Diri Timnas Basket Indonesia Meningkat Basket Timnas Indonesia / Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJATimnas Bolabasket 5x5 Putra Indonesia mulai bisa mengatasi keadaan selama berada di Australia. Ini ditandai dengan kemenangan perdana try out di Australia 66-74 atas Wyndham, salah satu kontestan NBL1, di Eagle Stadium Sabtu sore (11/6/2022).

Asisten Pelatih Timnas Bolabasket 5x5 Putra Wahyu Widayat Jati mengatakan, kemenangan ini sangat berharga bagi tim. Hasil positif ini bisa menaikkan kepercayaan diri para pemain. Bahwa melawan tim dengan level permainan lebih baik juga dengan kelebihan postur, mereka masih bisa mendominasi.

"Kemenangan ini untuk menambah kepercayaan diri," ungkap Coach Wahyu, dalam keterangan resminya, Minggu (12/6/2022).

Timnas memang butuh konfiden selama try out di Australia. Ini karena Australia memiliki kualitas ekosistem bolabasket lebih baik dari Indonesia. Timnas sengaja memilih Australia sebagai tempat try out karena ingin menaikkan level permainan usai jadi penguasa ASEAN.

Wahyu mengingatkan, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan usai menang atas Wyndham. Ini karena turn over masih tinggi juga masalah komunikasi.

"Permainan di offense dan defense lebih baik, tapi masalah turn over masih tinggi. Kami harus bisa menurunkan turn over. Kemudian menambah agresif rebound dan komunikasi," jelasnya.

Dalam pertandingan ini, timnas langsung gas pol sejak kuarter pertama dan mendominasi dalam mencetak poin. Menutup kuarter pertama dengan 13-16, Pasukan Merah Putih menambah 20 angka di kuarter kedua. Sementara Wyndham hanya mampu produksi 18 poin.

Memasuki kuarter ketiga, Wyndham berusaha mengejar defisit poin. Namun timnas tidak mau kalah. Di kuarter ini timnas mampu menambah 25 angka dan 24 poin untuk Wyndham. Di kuarter akhir juga ketat. Namun timnas keluar sebagai pemenang usai menambah 13 angka dan Wyndham hanya mampu koleksi 11 angka sehingga pertandingan disudahi dengan skor 66-74 untuk Indonesia.

Abraham Damar Grahita menjadi penyumbanh poin terbanyak bagi Indonesia. Dia mencetak 16 points, 4 rebounds, dan 1 assist. Kemudian dari Wyndham, ada Abram Tong yang menjadi pencetak poin terbanyak dengan 16 angka, 1 rebound, dan 1 assist.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 : Pelatih Timnas Indonesia Nyatakan Timnya Diuntungkan dengan Jadwal

Sepakbola
| Jum'at, 30 September 2022, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement