Advertisement

Gunungkidul Ingin Gelar Turnamen Voli Pantai Tingkat Asia Pasifik

David Kurniawan
Kamis, 16 Juni 2022 - 14:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gunungkidul Ingin Gelar Turnamen Voli Pantai Tingkat Asia Pasifik Suasana di Pantai Sepanjang, Desa Kemadang, Tanjungsari, Rabu (18/12/2018). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Kejuaraan voli pantai seri nasional di Pantai Sepanjang, Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, baru akan dilaksanakan pada 22-26 Juni mendatang. Meski demikian, PP PBVSI memastikan lapangan yang ada akan digunakan untuk seri nasional di tahun-tahun selanjutnya. Bahkan target tinggi pun langsung dicanangkan, yakni ingin menggelar kembali turnamen voli pantai tingkat Asia Pasifik seperti yang diselenggarakan di 2015 lalu.

Ketua Panitia Pelaksana Kejuaraan Voli Pantai Sepanjang, Danang Anggoro mengatakan, lapangan voli yang ada sudah memenuhi standar nasional serta cocok untuk menyelenggarakan even yang lebih besar.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Memang banyak pantai di Gunungkidul, tapi tidak seperti di Sepanjang yang jenis pasirnya cocok untuk jadi lapangan voli pantai,” kata Danang, Kamis (16/6/2022).

Menurut dia, meski kejuaraan baru akan dimulai, PP PBVSI memastikan bahwa kejuaraan seri nasional di Pantai Sepanjang akan menjadi agenda resmi yang digelar setiap tahun. Danang mengakui ke depannya penyelenggaraan tidak hanya tingkat nasional, tapi juga merambah ke regional Asia Pasifik.

Baca juga: Pantai Sepanjang Gunungkidul Menjadi Tuan Rumah Bola Voli Pantai Tingkat Nasional

“Gunungkidul pernah menjadi tuan rumah di 2015 dan itu coba diselenggarakan lagi. Mudah-mudahan tahun depan turnamen voli pantai Asia Pasifik bisa kembali diselenggarakan,” katanya.

Ia mengakui, penyelenggaraan di 2015 bisa berjalan dengan sukses. Meski demikian, ada sejumlah catatan. Salah satunya menyangkut akomodasi penginapan bagi atlet.

Menurut Danang, pada saat itu kesulitan mendapatkan penginapan yang sesuai dengan standar. Meski demikian, ia menilai kondisi sekarang sudah berbeda karena hotel sudah mulai dibangun.

Advertisement

“Penginapan yang harus dilengkapi karena sesuai aturan akomodasi perjalanan dari hotel sampai lapangan maksimal satu jam perjalanan. Mudah-mudahan dengan rencananya beroperasinya hotel di Wonosari di tahun depan, maka dapat memuluskan Gunungkidul menjadi tuan rumah turnamen voli tingkat Asia,” katanya.

Ketua Bidang Voli Pantai, PP PBVSI, Slamet Mulyanto mendukung penuh penyelenggaraan turnamen di Pantai Sepanjang. Menurut dia, turnamen tidak hanya untuk mengasah kemampuan para atlet, karena juga dapat menggerakan roda ekonomi di masyarakat. “Kami akan mendukung terus,” katanya.

Menurut dia, untuk seri nasional kesatu di Pantai Sepanjang pedaftarnya mebludak. Total sudah ada 15 provinsi yang berpartisipasi dengan jumlah 40 tim yang mendaftar.

Advertisement

“Target kami hanya 32 tim putra dan putri, tapi yang mendaftar lebih banyak,” katanya.

Slamet mengungkapkan, adanya peserta melebihi target maka akan ada babak kualifikasi. Adapun formatnya mengaju pada penyelenggaraan kejuaraan dunia.

“Setiap provinsi satu wakil dulu. Setelah itu, kekurangan peserta akan dilengkapi melalui babak kualifikasi,” katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Hadapi Kamerun di Lanjutan Piala Dunia 2022, Serbia Diterpa Isu Politik

Sepakbola
| Senin, 28 November 2022, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement