Advertisement

Turn Over dan Personal Foul Jadi PR untuk Timnas Basket

Jumali
Jum'at, 17 Juni 2022 - 14:47 WIB
Jumali
Turn Over dan Personal Foul Jadi PR untuk Timnas Basket Basket Timnas Indonesia / Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJATimnas Bolabasket 5x5 Putra alami perkembangan pesat selama try out di Australia. Baru setengah jalan melahap program try out di Negeri Kanguru, mental mereka menebal.

Arki Dikania Wisnu dkk sudah bisa mencari jalan keluar untuk mengatasi kelebihan postur lawan.

Advertisement

"Sejauh ini sudah banyak pelajaran di ambil pemain dan coaching staff termasuk bagaimana menjaga dan melawan lawan dengan postur lebih besar yang secara fisik lebih dominan," terang Manajer Timnas Bolabasket 5x5 Putra Jeremy Imanuel Santoso, dikutip dari laman resmi Perbasi, Jumat (17/6/2022).

Lanjut Jeremy, selama try out di Australia para pemain mencari solusi bagaimana mengatasi press defense dengan lawan postur lebih besar. Situasi ini jelas pelajaran berharga bagi tim. Ini karena kelebihan postur itu tidak bisa disiasati selain membiasakan pemain mengatasi masalah tersebut.

"Tidak bisa dipungkiri bahwa kelebihan postur itu tidak bisa dibeli. Jadi memang harus dipaksakan melawan tim dengan kondisi fisik di atas kita," ujarnya.

Diakui Jeremy, progres pemain yang mulai terbiasa melawan tim dengan kelebihan postur ini menunjukkan mentalitas pemain bagus. Buktinya, mereka sempat kalah dua digit dalam sebuah pertandingan tetap tenang. Mereka meyakini masih bisa mengejar dan itu terjadi.

"Tim menunjukkan mentalitas baik. Dimana kita pernah kalah 2 digit dalam pertandingan bisa mengejar lalu samai kedudukan bahkan menang," jelasnya.

Meski banyak progres baik, diakui Jeremy, Timnas juga masih sisakan pekerjaan rumah (PR) setelah enam pertandingan dilalui. Terutama dalam hal turn over dan personal foul. Keduanya menjadi perhatian pemain dan coaching staff.

"Ini evaluasi penting karena lawan yang tinggi dan kuat bisa rentan membuat turn over dan personal foul. Jika ini sering terjadi bisa menyakitkan untuk tim sendiri," ujarnya.

Advertisement

Sementara Derrick Michael sudah gabung tim di Australia setelah menyelesaikan urusan administrasi keperluan sekolah di Amerika. Dia tiba di Australia kamis siang dan langsung memainkan pertandingan melawan SW Metro Pirates di Brisbane. Hasilnya, Derrick bantu timnas menangkan pertandingan dengan catatan 16 points, 16 rebounds, dan 2 assists.

"Sedangkan kondisi Marques Bolden belum 100 persen. Bolden diharapkan mainkan 3-4 game. Di pertandingan mana saja itu kami serahkan kepada pelatih. Saat ini Bolden setiap hari sudah latihan. Itu good sign untuk kita," jelas Jeremy.

"Kami mohon dukungan pada pertandingan sisa dan selanjutnya fokus Kualifikasi FIBA World Cup 2023 lalu lanjut ke FIBA Asia Cup," lanjutnya

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Tiba di Malang Hari Ini, Striker Asing Arema FC Berpeluang Tampil di 8 Besar

Sepakbola
| Rabu, 29 Juni 2022, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Nawang Jagad, Camping Ground yang Tawarkan Pemandangan Merapi, Turgo dan Plawangan

Wisata
| Rabu, 29 Juni 2022, 17:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement