Advertisement

Gelar Turnamen Golf Piala Bupati Sleman XVIII, Bupati: Saatnya Sport Tourism Bangkit

Abdul Hamied Razak
Minggu, 19 Juni 2022 - 23:07 WIB
Arief Junianto
Gelar Turnamen Golf Piala Bupati Sleman XVIII, Bupati: Saatnya Sport Tourism Bangkit Gubernur DIY Sri Sultan HB X membuka turnamen golf Piala Bupati Sleman XVIII di Merapi Golf, Cangkringan, Sleman Sabtu (18/6/2022). - Harian Jogja/Abdul Hamied Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Kegiatan olah raga berbasis wisata (sport tourism) terus dikembangkan di wilayah Sleman. Salah satunya adalah melalui digelarnya turnamen terbuka golf Piala Bupati Sleman XVIII. Turnamen terbuka itu digelar di Merapi Golf, Cangkringan, Sleman pada Sabtu (18/6/2022).

Ketua Panitia Turnamen Terbuka Golf Piala Bupati Sleman XVIII, Raudi Akmal mengatakan turnamen tersebut digelar untuk mengembangkan sport tourism di Sleman. Menurut dia, kegiatan sport tourism menjadi salah satu kegiatan yang potensial untuk menggerakkan pariwisata di bumi Sembada ini.

Advertisement

BACA JUGA: Jelang PlayOff IBL 2022, Rans PIK Tunjuk Chris Daleo Jadi Pelatih

Dia menjelaskan, turnamen tersebut diikuti 140 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Kegiatan itu digelar juga dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-106 Kabupaten Sleman.

"Kami mengumpulkan pegolf dari seluruh Indonesia. Selain hobi, turnamen ini juga sebagai bentuk meningkatkan pariwisata dalam sektor sport tourism," katanya, Sabtu (18/6/2022).

Turnamen tersebut digelar, lanjut Raudi, sekaligus untuk mempromosikan tiga lapangan golf yang berada di wilayah Sleman. "Harapanya turnamen ini menjadi segmen baru dalam pariwisata di Sleman sekaligus dapat mendongkrak wisatawan berkunjung ke Sleman," harapnya.

Dalam turnamen tersebut tampak terlihat Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Mantan Bupati Sleman Sri Purnomo, Danrem 072 Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono, Gubernur AAU Marsda TNI Eko Dono Indarto, Kapolres Sleman AKBP Achmad Imam Rifai mengikuti turnamen.

"Kami juga menyiapkan atlet-atlet yang akan berlaga pada Porda DIY tahun ini. Turnamen tersebut juga menjadi bagian persiapan atlet golf untuk berlatih dan menyiapkan mental. Turnamen ini akan digelar setiap tahun," ujarnya.

Seorang peserta dari Kalimantan Barat, Wibisana mengaku kagum dengan penyelenggaraan turnamen golf tersebut. Dia mengaku diundang oleh koleganya di Jogja terkait event tersebut. "Kami sangat mengapresiasi event ini. Event-nya diatur dengan baik, mulai dari kostum, kuliner dan sebagainya," katanya.

Advertisement

BACA JUGA: Badminton Indonesia Gagal di Indonsia Open, Ini Tanggapan PBSI

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo berharap turnamen tersebut dapat menjadi barometer kemajuan olahraga golf di Sleman, sekaligus memajukan destinasi sport tourism di Sleman.

"Turnamen ini diharapkan dapat memicu lahirnya bibit-bibit baru [atlet golf] di Sleman, sehingga dapat membawa nama baik Sleman ke kancah nasional bahkan internasional," harapnya.

Advertisement

Pembina Turnamen Golf Terbuka Piala Bupati Sleman, Sri Purnomo, juga berharap agar dengan pelaksanaan turnamen tersebut bisa mempercepat kebangkitan pariwisata Sleman. "Para peserta datang dari berbagai wilayah di Indonesia. Malah tim saya dari Amerika. Kami berharap ini berdampak langsung untuk sektor pariwisata," harapnya.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Sleman (BPPS) Agung Tris Sasongko mengaku mendukung penuh turnamen golf sebagai bagian sport tourism yang menjadi salah satu program BPPS.

"Kami juga mempromosikan pariwisata melalui event olahraga. Selain cocok untuk kegiatan selepas pandemi, juga menyongsong Porda DIY yang akan digelar di Sleman bulan September 2022 nanti," katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Tiba di Malang Hari Ini, Striker Asing Arema FC Berpeluang Tampil di 8 Besar

Sepakbola
| Rabu, 29 Juni 2022, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Nawang Jagad, Camping Ground yang Tawarkan Pemandangan Merapi, Turgo dan Plawangan

Wisata
| Rabu, 29 Juni 2022, 17:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement