Advertisement

FIBA 3X3 Asia Cup : Ayu Patah Telapak Tangan, Kimberley Gantikan Ayu

Jumali
Senin, 04 Juli 2022 - 10:07 WIB
Jumali
FIBA 3X3 Asia Cup : Ayu Patah Telapak Tangan, Kimberley Gantikan Ayu Timnas bola basket 3x3 Putri / Perbasi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Timnas Bolabasket 3x3 Putri sudah berlatih sejak 13 Juni 2022. Mereka akan berjuang di FIBA 3x3 Asia Cup 2022 di Singapura. Rencananya, siang ini Dyah Lestari dkk akan bertolak ke Singapura.

Di sana, Timnas berada di pool C dengan Korea Selatan dan Iran. Perjuangan pada fase kualifikasi ini akan dimulai pada 6 Juli dengan melawan Korea Selatan pukul 14.00 dan ketemu Iran pukul 18.30. Juara grup dari fase ini akan bertemu dengan Jepang dan Singapura pada 8 Juli 2022.

Pelatih Timnas Bolabasket 3x3 Putri July Wong mengatakan, selama training center di GOR Cahaya Lestari Surabaya pemain digenjot chemistry-nya. Mereka harus mengejar kekompakan karena komposisi yang disiapkan berbeda dengan yang meraih perunggu di SEA Games Hanoi lalu.

Kimberley Pierre Louis dan Nathania Claresta Orville tidak masuk proyeksi. Tugasnya digantikan Agustin Gradita Retong dan Dyah Lestari. Mereka kemudian berkolaborasi dengan Adelaide Calista Wongsohardjo dan Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi.

"Setelah SEA Games, ada beberapa masalah pada pemain yang bersangkutan. Jadi kita ubah biar pemain tersebut bisa rest dan recovery," jelas Coach July. "Ada beberapa hal yang kita pertimbangkan untuk persiapan jangka panjang dan menurut coaches, mereka yang terbaik dan siap untuk sekarang ini," katanya dikutip dari laman resmi Perbasi, Senin (4/7/2022).

Namun, di penghujung persiapan, Coach July harus melakukan pergantian pemain karena Ayu cedera patah ruas telapak tangan. Senin siang (4/7/2022), Ayu harus naik meja operasi. Bersamaan dengan jadwal timnas terbang ke Singapura.

Padahal peran Ayu sentral di Timnas Bolabasket 3x3 Putri. Jiwa kepemimpinan yang kuat membuatnya dipercaya menjadi kapten tim. Kepemimpinan Ayu terbukti dengan raihan perunggu di SEA Games Hanoi lalu. Manajemen akhirnya memanggil Kimberley Pierre Louis untuk gantikan tugas Ayu. Beruntung dia sudah dalam kondisi siap tempur usai dapat approval dari FIBA.

"Ruas telapak tangannya patah saat latihan di hari Kamis sore yang lalu. Minggu sore Ayu sudah masuk rumah sakit untuk jalani operasi rekonstruksi telapak tangan. Kami panggil Kim untuk gantikan Ayu," terang penanggung jawab Timnas 3x3 Putri Christopher Tanuwidjaja.

Cedera Ayu memperpanjang cedera pemain 3x3 putri. Sebelumnya Nathania Claresta Orville harus jalani pemulihan cedera lutut hyperextended saat di SEA Games. Kemudian Lea Kahol jalani pemulihan dari operasi rekonstruksi ACL saat persiapan menuju SEA Games.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Profil Matheus Cunha, Incaran yang Akan Jadi Solusi Kemandulan Manchester United

Sepakbola
| Selasa, 16 Agustus 2022, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Tiket Masuk Borobudur dan Pulau Komodo Naik, Sandiaga Uno: Tidak Semua Tiket Destinasi Naik!

Wisata
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement