Advertisement

Sambut ASEAN Para Games di Solo, Mari Jaga Sportivitas dan Hadirkan Konten Positif

Media Digital
Rabu, 20 Juli 2022 - 04:27 WIB
Sirojul Khafid
Sambut ASEAN Para Games di Solo, Mari Jaga Sportivitas dan Hadirkan Konten Positif Direktur IKPMK Kementerian Kominfo, Wiryanta (tengah) menyerahkan secara simbolis wayang kulit kepada dalang Warseno Slank dalam pagelaran wayang kulit menyambut perhelatan ASEAN Para Games XI 2022, Solo, Sabtu (16 - 7) malam.

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Kota Solo bakal menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XI 2022. Berlangsung 30 Juli – 6 Agustus mendatang, Solo pun telah siap menyambut para peserta event olahraga bergengsi tersebut. Kesiapan ini termasuk bagi seluruh insan olahraga Indonesia, terutama atlet-atlet paragames yang akan bertanding secara maksimal dan sportif.

Sportivitas inilah yang terus digaungkan Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Mereka senantiasa membangun sinergi dengan kementerian/lembaga terkait  untuk bersama-sama menularkan hal-hal positif tentang sportivitas dan kecintaan pada budaya bangsa. Sinergi ini seperti menggandeng Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), INASPOC, serta anak-anak muda yang eksis di media digital.

“Sinergi tersebut diimplementasikan dalam bentuk diseminasi informasi dan diskusi, baik melalui forum, deklarasi bersama cinta budaya Indonesia maupun pertunjukan rakyat. Harapannya agar generasi muda lebih dekat dalam mengenal budayanya sendiri, sehingga penetrasi nilai-nilai sportivitas, nasionalisme, budaya dan implementasi Pancasila dapat merasuk lebih dalam,” tulis Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dalam keterangan resminya belum lama ini.

Sejumlah event bertema sportivitas dan jiwa nasionalisme digelar Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia Kebudayaan Kementerian Kominfo dalam menyambut ASEAN Para Games XI 2022. Mulai dari forum pendidikan karakter Pancasila, dialog radio, dan pertunjukan rakyat dengan tema besar Menjunjung Tinggi Nilai Sportifitas dan Jiwa Nasionalisme melalui Budaya dan Kearifan Lokal pada Sabtu-Minggu (16-17/7/2022).

BACA JUGA: Menpora Cek Kesiapan Asean Para Games 2022

Kegiatan tersebut diikuti 150 orang, meliputi generasi muda, tokoh daerah dan masyarakat umum. Penyelenggara menghadirkan narasumber Kabid Penyelenggara E-Government Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Solo Isnan Wihartanto, Direktur Pembudayaan BPIP Irene C. Sinaga, dan Youtuber Cindy Gulla. Selain itu, digelar pertunjukan wayang lakon Kangsa Adu Jago dengan dalang Ki Warseno Slenk di Lapangan Kecamatan Juwiring, Klaten.

Isnan Wihartanto mengungkapkan, ASEAN Para Games XI diikuti 14 cabang olahraga, dengan jumlah 301 atlet dari Indonesia. “Maskot ASEAN Para Games ini dari kearifan lokal ada pada patung Rajawala. Fungsinya sebagai tolak balak, yang artinya agar pada serangkain acara ini tidak ada gangguan dan lancar. Keris galungan yang selalu melekat adalah simbol dari kewibawaan dari panitia dan peserta,” tutur Isnan.

Sementara itu, Youtuber Cindy Gulla mengungkapkan, dengan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah ASEAN Para Games XI 2022, harus dimanfaatkan anak-anak muda dengan baik. Termasuk oleh para content creator. Dia mengajak content creator ikut menyukseskan gelaran olahraga ini, misalnya dengan membuat postingan di media sosial dengan konten-konten positif. Selain itu, dia mengingatkan para pengguna media sosial untuk selalu bijak.

BACA JUGA: Ada Asean Para Games di Solo, Gibran Minta Sponsor Erick Thohir

“Kita sebagai pengguna media harus bijak dalam menggunakannya. Selain itu, untuk content creator, jadilan content creator yang baik dan positif dalam menanggapi ASEAN Para Games 2022. Kita boleh kritis, tapi sebelum memposting harus lihat dulu kembali, sudah positif apa belum  pesan kita,” papar Cindy.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 : Pelatih Timnas Indonesia Nyatakan Timnya Diuntungkan dengan Jadwal

Sepakbola
| Jum'at, 30 September 2022, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement