Advertisement

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis : Tiga Wakil Indonesia Ditarik mundur

Akbar Evandio
Senin, 08 Agustus 2022 - 21:27 WIB
Jumali
Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis : Tiga Wakil Indonesia Ditarik mundur Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Tiga wakil Indonesia ditarik mundur dari World Championship Badminton 2022 atau Kejuaraan Dunia Bulu tangkis.

Mereka terpaksa absen dari kejuaraan yang bakal berlangsung di Tokyo, Jepang, 22—28 Agustus tersebut karena dinilai kurang siap untuk tampil.

Advertisement

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky memerinci mereka yang terpaksa mundur adalah Mychelle Crhystine Bandaso, Putri Syaikah, dan Shesar Hiren Rhustavito. Menurutnya, ketiga pemain ini dinilai kurang siap untuk bertarung ke kejuaraan penting dan bergengsi tersebut.

"Ya, ketiga pemain tersebut sudah pasti kami tarik dari Kejuaraan Dunia. Ini karena mereka sebelumnya memang saya targetkan kalau dalam dua minggu terakhir ini mereka tidak bisa ke lapangan dengan program full, maka kita tarik, karena mereka tidak siap untuk bertanding," katanya lewat keterangan PBSI, Senin (8/8/2022).

Dengan begitu, pasangan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso di ganda campuran, Putri Syaikah/Nita Violina Marwah (ganda putri), dan Shesar Hiren Rhustavito (tunggal putra) batal membela Skuad Garuda berlaga pada Kejuaraan Dunia.

Dituturkan oleh Rionny, Mychelle memang sudah menjalani terapi. Hasilnya juga sudah membaik. Dia juga sudah mencoba untuk latihan di Pelatnas Cipayung bersama teman-temannya. Namun dia belum bisa bergerak normal.

"Jadi dia harus terapi lagi, tapi saya rasa itu sudah maksimal. Kalau dalam sepuluh hari mereka tidak bisa ikut program yang full, saya anggap mereka tidak siap. Juga saya tanya kembali ke pemain, Mychelle menyebut memang tidak siap bertanding. Jadi kita tarik dari Kejuaraan Dunia 2022," tuturnya.

Setali tiga uang dengan Putri Syaikah yang akrab disapa Chika ini. Dijelaskan oleh Rionny, selama dua bulan ini, cedera lutut Chika sudah membaik. Dia juga sudah mencoba untuk joging dan berlatih kembali.

Hasilnya juga menggembirakan. Melihat perkembangan ini, Rionny dan pelatih sebisa mungkin berusaha untuk mempertahankan. Mereka pun berharap Chika bisa pulih dan ikut bertanding ke Kejuaraan Dunia.

"Namun ternyata sama saja. Untuk level pertandingan internasional atau Kejuaraan Dunia, dengan persiapan hanya dua minggu, meski kita paksakan saya rasa tidak mungkin. Dan atletnya pun sudah menyerah karena tidak sanggup. Jadi kita ambil keputusan untuk menarik Chika dari Kejuaraan Dunia," paparnya.

Sementara itu, dia melanjutkan untuk Vito memang tengah mengalami penguatan, kondisi disebabkan yang bersangkutan tengah mengalami cedera di bagian betis.

“Dia pun sebenarnya sudah mencoba melakukan latihan penguatan dengan bersepeda. Namun, dalam dua minggu terakhir hingga pekan lalu, dia tidak bisa masuk lapangan untuk latihan. Walaupun hanya untuk mencoba, tetapi tetap tidak bisa. Jadi kami menilai Vito tidak siap bertanding. Ketika kita tanya, atletnya pun merasa tidak siap. Maka kita tarik mundur juga," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol

Sepakbola
| Kamis, 28 Maret 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement