Advertisement

Jadi Tren, Ribuan Emak-emak Ikut Senam di Stadion Maguwoharjo

Sunartono
Minggu, 14 Agustus 2022 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jadi Tren, Ribuan Emak-emak Ikut Senam di Stadion Maguwoharjo Ribuan emak-emak mengikuti senam di halaman parkir Stadion Maguwoharjo, Minggu (14/8/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Olahraga senam kini menjadi tren di kalangan emak-emak. Ribuan di antara mereka memadati Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, Minggu (14/8/2022) pagi. Selain kesehatan eksistensi kegiatan sosial menjadi pertimbangan mereka aktif di kegiatan senam.

Salah satu pegiat Senam Mimin mengakui minta emak-emak mengikuti senam saat ini tinggi. Ia melihat ada beberapa alasan mereka rela meninggalkan keluarga demi mengikuti olahraga. Selain karena kesadaran berolahraga meningkat dan memilih senam tergolong murah. Selain itu media sosial menjadi salah satu penyebab emak-emak mengikuti senam agar terlihat eksistensinya. 

Ia biasa mengikuti senam dua kali dalam sepekan. Keberadaan event senam menambah referensi gerakan karena instruktur berbeda. "Seperti pagi ini kan banyak sekali pesertanya karena bersamaan dengan adanya event. Selain olahraga biasanya kegiatan senam itu diupload di medsos, TikTok," katanya saat ditemui di sela-sela pelaksanaan Senam Sobat Fest di Stadion Maguwoharjo, Minggu pagi. 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Baca juga: Senam Cinta Tanah Air Ramaikan Sport Tourism di Sleman

Pegiat senam lainnya Giyarti mengatakan meski banyak emak-emak yang ikut senam namun rata-rata sudah menyelesaikan tugas sebagai ibu rumah tangga. Sebelum berangkat senam di pagi hari, ia memastikan bahwa semua tanggungjawab di rumah seperti memasak dan lainnya telah rampung. "Saya sepekan sekali senam, kalau tidak senam rasanya badan sakit semua. Merasakan banyak manfaat, sebenarnya kalau ada event senam setiap pekan itu akan lebih baik," ujar wanita berusia 45 tahun asal Ngemplak ini. 

Penanggung jawab Kegiatan Senam Sobat Fest Stefanus Nugraha menyatakan senam itu dilakukan serentak di 77 kota di Indonesia termasuk Jogja. Ada instruktur khusus yang didatangkan dengan gerakan berbeda untuk kesehatan. Senam memang menjadi tren di kalangan emak-emak, harapannya terus menular di kalangan anak muda. Brand Marketing Komik Herbal ini mengatakan ribuan emak-emak yang mengikuti berasal dari perwakilan PKK kabupaten dan kota seluruh DIY.

"Peserta sangat antusias mengikuti senam selain untuk kesehatan, tentu harapannya dapat menggerakkan perekonomian warga sekitar karena banyak yang datang," ujarnya. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Timnas U-16 Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Sepakbola
| Kamis, 29 September 2022, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement