Advertisement

Ada yang Berstandar Internasional, Ini Dia Venue-Venue Porda XVI dan Peparda III Sleman

Media Digital
Selasa, 30 Agustus 2022 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Ada yang Berstandar Internasional, Ini Dia Venue-Venue Porda XVI dan Peparda III Sleman Venue cabang olahraga menembak Porda dan Peparda Sleman 2022. - Istimewa

Advertisement

SLEMAN — Menyambut Porda XVI dan Peparda III DIY 2022, Pemkab Sleman telah menyiapkan beragam venue pertandingan. Di antaranya membangun venue baru untuk arena menembak. 

Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto bahkan menyebut bahwa venue tersebut bisa menjadi legacy atau catatan sejarah dari perhelatan Perda XVI dan Peparda III yang akan terus dikenang masyarakat. “Apalagi venue menembak itu berstandar internasional,” ujarnya.

Venue yang berlokasi di bawah tribun timur Stadion Maguwoharjo tersebut diperuntukkan semua kelas menembak 10 meter. Selain ber-AC, venue tersebut berlantai granit dengan plafon hollow penutup dari gypsum. Untuk dindingnya berbahan bata ringan dengan kusen alumunium. 

BACA JUGA: Api Merapi Kobarkan Semangat Porda-Peparda DIY

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman Rahmadi mengungkapkan, pembangungan venue menembak melibatkan pengurus cabang olahraga terkait. Karena mereka yang lebih paham spesifikasinya.

“Kerekan dan papan tembaknya juga sesuai rekomendasi pengurus cabor menembak,” katanya.

Gor Pangukan./Istimewa

Menurut Rahmadi, rehab dan penyempurnaan sarana prasarana beberapa venue juga telah rampung. Di Gor Pangukan telah dilakukan penggantian lampu dan perbaikan karpet. Sedangkan Lapangan Tenis Pemda Sleman dipercantik dengan pemasangan dinding sekat luar dan tutup keong kanan kiri, perbaikan pintu, penggantian atap galvalum, dan penambahan ventilasi.

“Untuk lantai juga telah dicat ulang. Serta ada tambahan untuk aksesibilitas penyandang disabilitas,” katanya.

Gor Klebengan juga mengalami beberapa perbaikan. Pengecatan sarana dan rangka panjat tebing, penataan halaman, dan pembuatan tempat duduk.

Advertisement

Begitu pula dengan pemasangan lampu sorot untuk pertandingan malam. Selain itu pemasangan pagar pembatas antara pemain dan penonton untuk venue basket dan hockey. “Karpet lantai juga sudah diganti vinil semua,” lanjut Rahmadi.

Terpisah, Wakil Ketua KONI Sleman, Sukiman Hadi Wijaya mengatakan total ada 57 venue untuk 45 cabang olahraga (cabor). Ada tiga venue yang berlokasi di luar Kabupaten Sleman, yakni Lapangan Udara Gading, Gunungkidul, untuk cabor aerosport. Selain itu, Waduk Sermo di Kulon Progo untuk cabor dayung dan kompleks Stadion Sultan Agung Bantul untuk cabor sepatu roda.

Sementara 54 venue lainnya tersebar di wilayah Kabupaten Sleman menjadi lokasi pertandingan untuk 41 cabor dan petanque (eksibisi). “Ada lima lokasi yang menjadi kelompok besar venue porda dan peparda. Yakni GOR Klebengan, kompleks kampus Universitas Negeri Yogyakarta [UNY], Sleman City Hall [SCH], kompleks Pemkab Sleman, dan Stadion Maguwoharjo,” jelas Sukiman.

Advertisement

Di kompleks Pemkab Sleman, venue yang digunakan, di antaranya, Stadion Tridadi, Gor Pangukan, lapangan tenis, Gedung Kesenian, Gedung Serba Guna, dan aula kantor Bappeda.

Sedangkan Stadion Maguwoharjo digunakan untuk pembukaan Porda XVI dan Peparda III pada Kamis (1/9/2022), sekaligus penutupannya pada Jumat (9/9/2022). "Juga untuk pertandingan cabor menembak, drumben, dan lari jarak jauh [maraton]."

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 : Pelatih Timnas Indonesia Nyatakan Timnya Diuntungkan dengan Jadwal

Sepakbola
| Jum'at, 30 September 2022, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement