Advertisement

Porda-Peparda DIY Digelar, Ini 3 Wejangan Penting dari Sultan

Media Digital
Sabtu, 03 September 2022 - 05:37 WIB
Arief Junianto
Porda-Peparda DIY Digelar, Ini 3 Wejangan Penting dari Sultan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X. - Istimewa

Advertisement

SLEMAN — Gelaran Porda XVI dan Peparda III DIY 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur (Wagub) DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X, Kamis (1/9/2022). Dalam sambutannya, Wagub membacakan tiga titipan pesan dari Gubernur DIY, Sri Sultan HB X kepada para atlet dan ofisial.

Pertama, atlet dan ofisial diminta menjaga nama baik kabupaten/kota yang diwakili; kedua, Sultan mengingatkan supaya selalu menjaga kesehatan dan kekompakan. "Dan yang ketiga, jangan sampai prestasi dan kerja keras selama ini tercoreng dengan perbuatan yang menyimpang dari unsur sportivitas. Mari menjunjung permainan bersih dan bermartabat," kata Paku Alam X, Kamis.

Sebelumnya, Sultan juga mewanti-wanti kepada para atlet agar selalu mengedepankan sportivitas yang merupakan roh dalam aktivitas olahraga. Porda dan Peparda selain menjadi momentum bagi atlet untuk mengukur dan mengukir prestasi, sejatinya juga merupakan barometer keberhasilan daerah dalam aspek pembinaan olahraga. 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

"Dukungan moral dan saling memotivasi serta memelihara kebersamaan akan menjadi pondasi untuk meraih prestasi," ujarnya.

BACA JUGA: KONI DIY Ingin Ada Rekor Nasional Ajang Porda 2022

Acara pembukaan tersebut dihadiri sejumlah tamu VVIP di antaranya Ketua DPRD DIY, Wakil Kapolda DIY, Danrem 072/Pamungkas, Kepala Kejaksaan Tinggi DIY, Ketua Pengadilan Tinggi DIY, dan Bupati serta Penjabat Wali Kota se-DIY Hadir pula Ketua KONI Pusat, Ketua KONI DIY, Ketua NPC DIY, Ketua KONI Jawa Tengah, dan jajaran Forkompimda Sleman.

Di hadapan ribuan masyarakat dan kontingen atlet, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengajak semua pihak untuk mewujudkan Tri Sukses yaitu Sukses Penyelenggaraan, Prestasi, dan Membangkitkan Ekonomi. Terlebih, upacara pembukaan ini keseleruhannya dibiayai dari APBD Kabupaten Sleman yang dinilai berlangsung  meriah dan spektakuler.

"Kami berharap semua atlet dapat menunjukkan performa terbaik, mengukir prestasi, dan tentunya Sleman sebagai tuan rumah menargetkan bisa kembali meraih juara umum," ujarnya. 

Ketua KONI DIY, Djoko Pekik Irianto mengatakan, Porda dan Peparda merupakan ajang multi-event yang menjadi wadah unjuk prestasi bagi para atlet. Ajang dua tahunan ini bertujuan menjaring atlet potensial yang akan dipersiapkan untuk mengikuti berbagai event nasional termasuk PON dan Peparnas.

Advertisement

Porda dan Peparda tahun ini mengusung tema Nyawiji Yasa Prestasi dengan maskot Si Elja (Elang Jawa) sebagai ciri Kabupaten Sleman. Jumlah atlet yang bertanding sebanyak 3.649 orang untuk event Porda, dan 355 atlet Peparda.

Rangkaian kejuaraan Porda tahun ini mempertandingkan 44 cabor dengan perebutan 1.632 medali. Sementara Peparda mengusung 10 cabor dan memperebutkan 343 medali.

Para atlet akan bertanding di 52 venue untuk memperebutkan gelar juara umum yang dua tahun berturut-turut dipegang oleh Sleman. "Sebanyak 97 persen pertandingan Porda dilaksanakan di Sleman dan tiga subcabor diselenggarakan di luar Sleman. Sedangkan Peparda, 100 persen venue ada di Sleman," kata Djoko. 

Advertisement

Meski event baru resmi dilaksanakan pada 1 September, beberapa cabor sudah terlebih dulu mengawali pertandingan diantaranya golf dan futsal. Pertimbangannya karena cabor tersebut membutuhkan durasi yang panjang.

Mengutip situs resmi Porda dan Peparda 2022, perolehan medali sementara sampai Kamis siang, kontingen Sleman dan Kulonprogo sama-sama meraih tiga medali, disusul Kota Jogja dua medali dan Gunungkidul satu medali. Sementara, Kabupaten Bantul belum berhasil meraih medali.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Misteri Pelatih Persis Solo Pengganti JFT, Nama Pelatih Portugal Ini Mencuat

Sepakbola
| Sabtu, 24 September 2022, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendekar Roti Kolmbeng Terakhir di Jogja

Wisata
| Sabtu, 24 September 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement