Advertisement

450 Pebulutangkis Muda Bertanding dalam Yuzu Isotonic Magelang Open 2022

Nina Atmasari
Selasa, 13 September 2022 - 12:57 WIB
Nina Atmasari
450 Pebulutangkis Muda Bertanding dalam Yuzu Isotonic Magelang Open 2022 Para atlet bertanding di Yuzu Isotonic Magelang Open (YIMO) 2022 yang digelar di GOR Djarum Magelang, Jawa Tengah, Senin (12/9/2022). - Istimewa/ dok

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG- Sebanyak 450 atlet bulutangkis dari berbagai daerah di Indonesia berebut juara di Yuzu Isotonic Magelang Open (YIMO) 2022 yang digelar di GOR Djarum Magelang, Jawa Tengah, 12 hingga 17 September 2022.

Beberapa klub besar pun turut ambil bagian dalam turnamen ini diantaranya PB Djarum, PB Jaya Raya, PB Nusantar, PB Tangkas, hingga PB PMS Solo.

Group Brand Head Yuzu Isotonic, Yose Moriza mengatakan digelarnya kembali YIMO 2022 bertujuan untuk mengembangkan ekosistem bulutangkis, serta menjadi wadah bagi para atlet muda unjuk kemampuan di atas lapangan demi memperebutkan gelar juara. Diharapkan pula kesuksesan penyelenggaraan di tahun lalu dapat terulang kembali, bahkan meraih hasil jauh lebih baik pada YIMO 2022.

Baca juga: Daftar Pemain yang Dipanggil Perbasi untuk SEA Games XXXII/2023

“Kami berharap kejuaraan ini tidak hanya menjadi ajang unjuk kemampuan namun juga menjadi wahana mengasah bakat dan mental. Sehingga kelak akan lahir pahlawan-pahlawan baru yang akan membela Indonesia di mata dunia,” ucap Yose, dalam konferensi pers Senin (12/9/2022).

Ketua Panitia Pelaksana Yuzu Isotonic Magelang Open 2022, Eddy Prayitno mengungkapkan kejuaraan ini dapat menjadi sarana bagi para atlet untuk mengukur kemampuan, serta tolak ukur maupun bahan evaluasi pembinaan yang telah dijalani oleh klub bulutangkis yang menerjunkan atlet binaannya. Diharapkan para atlet muda dapat memanfaatkan YIMO 2022 untuk mengukir prestasi sebaik-baiknya dan menjadi jembatan untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi

“Yuzu Isotonic Magelang Open dilaksanakan sebagai salah satu program Pengprov PBSI Jateng untuk mengembangkan pembinaan melalui kompetisi atlet dalam kejuaraan yang kami adakan. Sehingga para klub-klub bulutangkis di Indonesia dapat mengukur kemampuan para atlet yang sudah dibina dan menumbuhkan kepercayaan diri para atlet ketika mereka bisa menjadi juara di turnamen ini,” tutur Eddy.

Yuzu Isotonic Magelang Open 2022 mempertandingkan 11 kategori baik putra dan putri dari tiga kelompok usia yakni U-11, U-13, dan U-15. Untuk kelompok pemula (U-15), akan mempertandingkan lima nomor yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Lalu kelompok anak-anak (U-13) terbagi dalam empat nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra dan ganda putri. Sedangkan kelompok usia dini (U-11) hanya memainkan nomor tunggal putra dan putri saja.

Baca juga: Daftar Wakil Indonesia di Denmark Open 2022

Kategori dan kelompok usia yang dipertandingkan YIMO 2022 berbeda dengan tahun lalu yang mempertandingkan 24 kategori dari kelompok usia dewasa, taruna (U-19), remaja (U-17), pemula (U-15), anak-anak (U-13) dan usia dini (U-11). “Untuk tahun ini, kami fokus untuk mempertandingkan kelompok umur dalam kategori pembinaan yang potensial yaitu, U-11, U-13 dan U-15 dimana kategori ini juga dipertandingkan di dua turnamen Sirnas yang merupakan bagian dari kalender PBSI 2022,” ujar Eddy.

Advertisement

Di kelompok usia U-15, atlet putri PB Djarum, Syalma Nurwijaya Kusuma menjadi unggulan pertama di nomor tunggal pemula putri. Ketidakhadiran rekan seklubnya Jolin Angelia dan Shaafiya Yasmin Maitsaa, membuat peluang besar buat Syalma untuk menjadi juara. Prestasi Syalma yang merupakan atlet kelahiran 21 Mei 2009 ini, adalah semifinalis nomor tunggal pemula putri Sirkuit Nasional DKI Jakarta bulan Juli 2022 lalu.

Syalma tidak hanya berprestasi di nomor tunggal, melainkan juga di nomor ganda pemula putri. Pada YIMO 2022, Syalma akan berduet dengan rekannya, Jesslyn Carrisia yang didaulat sebagai unggulan kedua ganda pemula putri. Sedangkan unggulan pertama ditempati rekan klub PB Djarum, Nafina Addin Audina/Risfina Meyizza Tommzhu yang sebelumnya, berhasil menjadi semifinalis Sirkuit Nasional Sumatera Utara 2022.

Sedangkan di kelompok U-15 putra, tiga atlet PB Djarum juga menjadi unggulan pertama hingga ketiga. Mereka adalah Calvin Kennedy Chendrawinata sebagai unggulan pertama. Lalu Yudha Rendra Wijaya sebagai unggulan kedua, dan Fathan Nugraha Mulyawan sebagai unggulan ketiga.

Advertisement

Pada kelompok U-13, atlet PB Djarum unggulan yang diterjunkan ialah Alif Akbar dari kategori tunggal putra serta Bethary Dinda Annisa dan Shafira Atha Azzalia menempati unggulan satu ganda putri. Sementara di kelompok usia U-11 terdapat nama Ghoffur Dermawan Wicaksono yang siap adu strategi dengan pemain unggulan lainnya.

“Di atas kertas, para pemain unggulan lebih banyak menguasai pertandingan babak-babak akhir. Namun sering pula terjadi kejutan-kejutan dari pemain bukan unggulan. Kerja keras, ketekunan dan keuletan para pemain dalam Latihan maupun pertandingan akan menjadi faktor penentu untuk menjadi yang terbaik,” pungkas Eddy Prayitno.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 : Pelatih Timnas Indonesia Nyatakan Timnya Diuntungkan dengan Jadwal

Sepakbola
| Jum'at, 30 September 2022, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement