Advertisement

Borobudur Marathon 2022 Hidupkan Wisata Olahraga di Magelang

Nina Atmasari
Jum'at, 11 November 2022 - 22:37 WIB
Budi Cahyana
Borobudur Marathon 2022 Hidupkan Wisata Olahraga di Magelang Dari kiri ke kanan, Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chi An, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo, dan Brand Ambassador Borobudur Marathon 2022 Kelly Tandiono pada konferensi pers di Magelang (11/11/2022). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Acara puncak Borobudur Marathon 2022 Powered by Bank Jateng tidak hanya menjadi ajang olahraga tetapi diharapkan menjadi lokomotif yang menggerakkan laju pariwisata, ekonomi lokal, serta pertukaran budaya.

Ribuan orang yang datang di Magelang dalam rangka Borobudur Marathon 2022 diyakini akan mampu membangkitkan wisata olahraga (sport tourism) di Magelang serta Jawa Tengah dan sekitarnya. Tak sekadar mengikuti atau menonton kompetisi lari, orang bisa datang untuk berwisata di Magelang dan menikmati budayanya.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Gor Amongrogo Jadi Lokasi Grand Final Proliga 2023

“Penyelenggaraan Borobudur Marathon ini menjadi salah satu event yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Magelang dan sekitarnya, karena perekonomian masyarakat dapat terdongkrak melalui banyaknya peserta yang mengikuti ajang bergengsi ini,” ujar Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, dalam konferensi pers, Jumat (11/11/2022).

Ada tiga kategori dalam kompetisi utama Borobudur Marathon 2022, yaitu Borobudur Marathon Elite Race dan Bank Jateng Young Talent yang dilangsungkan pada 12 November serta Bank Jateng Tilik Candi pada 13 November.

Borobudur Marathon Elite Race dengan jarak lari 42,195 kilometer hanya akan diikuti pelari elite nasional yang lolos seleksi. Tahun ini, sebanyak 37 atlet nasional yang terdiri atas 26 atlet putra dan 11 atlet putri berpartisipasi dalam ajang ini.

Bank Jateng Young Talent yang merupakan kompetisi lari dengan jarak 10 kilometer menjadi wadah bagi talenta muda berusia 15–18 tahun untuk mengukur dan mengasah kemampuan mereka. Sejumlah 30 pelari muda akan berlaga pada ajang ini. Kategori Young Talent ini adalah kategori baru yang menjadi wadah penting untuk kaderisasi atlet lari jarak jauh.

BACA JUGA: Latihan Bebas 1 WSBK Mandalika, Toprak Tercepat

Advertisement

Sementara itu, Bank Jateng Tilik Candi dengan jarak 21,097 kilometer diikuti pelari umum dengan sistem ballot. Sebanyak 4.552 pelari ambil bagian dalam ajang ini.

Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An mengatakan sejak awal diadakan, Borobudur Marathon bertujuan meramaikan Magelang. "Setelah melewati masa Covid, kami berharap Borobudur Marathon bisa lebih mendunia," katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Curhatan Cristiano Ronaldo Usai Dicadangkan Saat Portugal Melawan Swiss

Sepakbola
| Rabu, 07 Desember 2022, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Menyantap Kuliner Khas Sambil Menjelajahi Wisata Alam di Curug Gedhe Gunungkidul

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 05:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement