Advertisement

Turnamen Badminton di Purbayan Sukoharjo Libatkan Peserta Se-Jateng

Media Digital
Jum'at, 11 November 2022 - 22:02 WIB
Budi Cahyana
Turnamen Badminton di Purbayan Sukoharjo Libatkan Peserta Se-Jateng Turnamen badminton yang melibatkan peserta se-Jawa Tengah dengan tajuk Purbajaya Cup 1 digelar di di Graha Purba Wijaya, Dusun 2, Purbayan, Baki, Sukoharjo pada 7-12 November 2022. - Istimewa

Advertisement

SUKOHARJO—Turnamen badminton yang melibatkan peserta se-Jawa Tengah dengan tajuk Purbajaya Cup 1 digelar di di Graha Purba Wijaya, Dusun 2, Purbayan, Baki, Sukoharjo pada 7-12 November 2022. Turnamen ini didukung pengusaha dan pegiat sosial yang memiliki rumah tak jauh dari lokasi turnamen, yakni Tuntas Subagyo, 44.

Tuntas menilai kemajuan pembangunan daerah tak bisa lepas dari potensi sumber daya manusia di wilayah tersebut dari berbagai sektor, termasuk olahraga.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Inilah yang mendasari pendiri Partai Kedaulatan Rakyat (PKR) ini mendukung penuh kegiatan Purbajaya Cup 1 yang digelar di Graha Purba Wijaya, Dusun 2, Purbayan, Baki, Sukoharjo pada 7-12 November 2022. 

Di sela-sela pembukaan turnamen, Senin (7/11/2022) malam, Tuntas mengatakan akan mendukung kegiatan positif, terutama di Desa Purbayan, wilayah di mana tempat tinggal atau rumahnya berada.

"Event ini melibatkan peserta se-Jawa Tengah, khususnya Soloraya. Jadi cukup luar biasa, saya mendukung penuh event ini," kata Tuntas.

Sebagai putra daerah, dia  ingin daerahnya maju dan berkembang. Dia pun memiliki misi untuk ikut meningkatkan kreativitas masyarakat, terutama di daerah rumah tinggalnya melalui kegiatan positif seperti turnamen badminton. 

"Saya dari kecil suka badminton. Kalau sekarang pemain favorit saya adalah The Minions [Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo]. Kalau waktu masih muda suka Alan Budi Kusuma dan Icuk Sugiyarto," lanjut Tuntas.

Pria yang juga aktif dalam berbisnis memiliki visi untuk menggali potensi-potensi olahraga di Desa Purbayan. Melalui penyelenggaraan event tersebut, Tuntas berharap bibit unggul atlet akan terlihat.

Advertisement

"Sebenarnya potensi bibit olahragawan Desa Purbayan cukup besar. Waktu saya kecil, desa mengadakan sebuah kejuaraan voli sampai tingkat nasional, bahkan pemainnya ada yang menjadi pemain nasional," lanjut Tuntas.

Sebagai seorang tokoh yang memiliki rumah di Purbayan, ia berencana mencari bibit-bibit yang berpotensi di bidang olahraga, terutama badminton.

Selain dalam bidang olahraga, Tuntas akan menjadikan Desa Purbayan unggul dalam bidang kuliner dan usaha.

Advertisement

"Dulu sini [Desa Purbayan] unggul dalam bidang pertanian, namun sekarang banyak dibangun perumahan. Dari kemajuan [pembangunan], ada peluang investasi dan kuliner karena Purbayan dekat dengan Solo, sehingga potensi usahanya luar biasa," lanjut Tuntas.

Ia memiliki harapan agar pemuda di Desa Purbayan, Baki, Sukoharjo berkreasi menunjukkan potensi, agar dapat mengangkat nama desa ke kancah lebih luas.

Harapan Tuntas Subagyo mendapat sambutan positif dari panitia penyelenggara Purbajaya Badminton Cup 1 .

Ketua Panitia Purbajaya Badminton Cup 1, Sarjimin mengatakan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan badminton yang sebelumnya hanya berlangsung antarwarga.

Advertisement

"Event ini adalah tindak lanjut dari acara sebelumnya yang dimulai dari antarwarga Purbayan, kemudian meningkat menjadi antarpengguna gedung atau home tournament," kata Sarjimin, Senin (7/11/2022) malam.

Dia menjelaskan sebanyak 64 pasangan ganda putra se-Soloraya dan sekitarnya mengikuti turnamen tersebut.

Purbajaya Badminton Cup 1 menawarkan total hadiah uang tunai senilai Rp11 juta yang terbagi menjadi Rp5 juta untuk Juara I, Rp3 juta untuk juara II, Rp2 juta untuk juara III, dan Rp1 juta untuk juara IV.

Advertisement

Selain hadiah untuk pemain, panitia juga menyediakan hadiah doorprize untuk  para  penonton berupa dua unit sepeda, satu unit TV 32 inci, satu unit kulkas, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan pantauan, saat pembukaan turnamen pada Senin malam,  masyarakat tampak memadati gedung olah raga Graha Purba Wijaya. Mereka antuasias bersorak saat pemain berhasil mendapatkan poin.

"Selain menampilkan pemain yang berkualitas dan permainan yang enak ditonton, kegiatan ini juga memacu generasi muda agar lebih mencintai olahraga ini sehingga munculnya bibit-bibit pemain bulu tangkis," ujar Sarjimin.

Pada kesempatan itu Sarjimin juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Tuntas Subagyo, tokoh masyarakat dan pengusaha dari Desa Purbayan yang memberikan dukungan penuh terhadap turnamen ini.

Advertisement

 "Tuntas Subagyo merupakan orang asli pribumi sini [Purbayan], dan beliau sejak dulu memiliki keinginan, jika Purbayan sudah punya gedung badminton, kalau bisa adakan event yang tinggi," lanjut Sarjimin.

Ia mengatakan, Tuntas Subagyo memiliki jiwa sosial tinggi, sehingga memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan Purbajaya Badminton Cup 1. Dia juga mendukung harapan Tuntas Subagyo yang berharap munculnya bibit-bibit unggul bulu tangkis dari turnamen ini.

Menurut Sarjimin, dalam bermasyarakat di Desa Purbayan, sosok Tuntas Subagyo merupakan orang yang supel dan mudah bergaul.

"Keluarganya memang sosial betul. Selama kegiatannya positif, beliau siap membantu segala jenis keperluan kegiatan," lanjut Sarjimin. (***)

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Szczesny Sudah Tidak Sabar Lawan Messi di Laga Pamungkas Grup Piala Dunia 2022

Sepakbola
| Senin, 28 November 2022, 07:07 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement