ADYTI Kirim Perwakilan ke Kompetisi Internasional

Suasana pengambilan video DPD ADYTI DIY untuk kompetisi global taiji quan online, Jun Zheng Cup.di Jogja Bay, Sabtu (19/9/2020). - ist - ADYTI DIY
25 September 2020 04:07 WIB Herlambang Jati Kusumo Olahraga Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Asosiasi Dong Yue Taiji Indonesia (ADYTI) DIY mengikuti kompetisi global tai ji quan secara online tingkat internasional, Jun Zheng Cup.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) ADYTI DIY, Pudiarso Rahardjo mengatakan untuk mengikuti kompetisi daring ini, DPD ADYTI DIY telah membuat video untuk beregu taiji delapan jurus dan perseorangan, di Jogja Bay pada Sabtu (19/9/2020). Dalam pembuatan video tersebut, juga memperhatikan protokol pencegahan Covid-19.

“Kami tidak ada target khusus, yang terpenting tampil maksimal. Mengikuti kompetisi internasional ini agar tahu bagaimana ketatnya kompetisi ini, dan menjadi pengalaman tersendiri,” kata Pudi, Sabtu (19/9).

Pada kompetisi tingkat internasional tersebut, China Wushu Association bertindak menjadi host, dan Wen Shan State Wushu Association serta Jun Zheng Cultural Communication (Yunnan) sebagai penyelenggara.

Kompetisi kali ini dibagi menjadi beberapa kategori dan kelompok. Pertama, untuk semua aliran taiji quan (tangan kosong), di mana setiap peserta hanya boleh mengikuti satu jurus.

Kedua, semua jenis taiji alat, di mana setiap peserta hanya boleh mengikuti satu jurus. Ketiga, taiji dui lian (berpasangan) yang tidak dibedakan berdasarkan jenis kelamin (boleh campur), di mana setiap peserta hanya boleh mengikuti satu jurus.

Keempat adalah beregu, di mana regu yang terdiri dari 4-50 orang boleh memilih jurus tangan kosong atau dengan alat, serta kelima, demo/kelompok penampilan terdiri atas 51 orang atau lebih.

Pudiarso mengatakan pada masa adaptasi kebiasaan baru, latihan-latihan juga telah dilakukan dengan memperhatikan protokol pencegahan Covid-19. Mulai dari penggunaan masker, jaga jarak dan berbagai upaya pencegahan lain.

“Latihan-latihan tersebut dilakukan juga untuk mempersiapkan keikutsertaan kami di kompetisi terdekat. Dalam waktu dekat dimungkinkan ada kompetisi tingkat nasional di Jakarta dan Surabaya.”